Setelah Tsamara, Giliran Sekjen PSI Antoni Ternyata Pernah Beginikan KH Ma'ruf Amin

07 Mar 2018 07:48

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Sekali lagi, jejak digital memang kejam. Setelah Tsamara, giliran twit Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Antoni Juli Raja diduga pernah menyerang secara pribadi tokoh penting bagi umat Islam Indonesia.

Bila Tsamara terbongkar mentwit kalimat yang menyerang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri --- yang akhirnya twitnya dihapus --- sedang Antoni melalui akun twitter @AntoniRaja terbongkar juga pernah mentwit ujaran yang diduga menyerang KH. Ma'ruf Amin.

Kalimat Antoni itu, seperti ini: "Mana tabayunmu? Dasar orang SBY"

Dengan kalimat itu, sejumlah warganet menganggap sangat kurang pantas. Bisa dianggap ujaran penghinaan. Ini karena kiai Ma'ruf adalah ulama yang sangat disegani di kalangan Umat Islam Indonesia.

KH Ma'ruf Amin adalah Ketua Umum MUI yang juga Rais Am PB NU. Kiai Ma'ruf disebut sebagai ulama fikih yang mumpuni.

Sebelum jadi Ketua Umum, di MUI Ma'ruf pernah menjadi Ketua Komisi Fatwa yang bertanggung jawab soal penerbitan fatwa MUI.

Ma'ruf pernah belajar di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Beliau adalah cicit dari Syaikh Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani, ulama besar asal Banten yang pernah menjadi Imam Masjidil haram.

Dalam catatan Wikipedia, Syaikh Nawawi adalah ulama yang hidup tahun 1730 hingga 1813. Para ulama Indonesia menyebut Syaikh Nawawi sebagai Bapak Kitab Kuning Indonesia. Ratusan buku pernah dia tulis semasa hidup.

Selain orang nomor satu di MUI, Ma'ruf juga menduduki jabatan tertinggi di Nahdlatul Ulama, organisasi masyarakat Islam terbesar di Indonesia. Jabatannya adalah Rais Am atau Ketua Umum dalam arti sebenarnya.

Ma'ruf pernah menjadi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat dan Majelis Permusyawaratan Rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Ia juga pernah menjadi Ketua Dewan Syuro PKB.

Atas viral twitnya, apa yang akan dilakukan Antoni? Menghapusnya kayak Tsmara atau apa? Netizen menunggu klarifikasinya. (dmr)