Setelah Siklon Tropis Cempaka, Giliran Depresi Tropis Muncul di Bengkulu

29 Nov 2017 16:27 Jawa Timur

Setelah Siklon Tropis bercokol di Selatan Pacitan, saat ini depresi tropis juga muncul di 535 KM Barat Daya Bengkulu tepatnya di 8,5 lintang selatan, dan 101 bujur timur.

Dalam rilis yang diterima ngopibareng.id, Rabu 29 November 2017, badai tropis yang diberinama depresi tropis 96S, ini berkekuatan 63-87 kilometer/jam.

"Analisa pada pukul 13.00 WIB siang tadi arah dan kecepatan gerak angin dari timur dengan kecepatan 4 knots (7 km/jam) bergerak menjauhi wilayah Indonesia," ujar prakirawan BMKG.

Dengan laju angin ini, diperkirakan selama 24 jam ke depan atau pada Kamis 30 November 2017, posisi badai akan bergerak ke 630 KM Barat Daya Bengkulu.

Dampak dari depresi tropis ini akan menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, dan Jawa Barat bagian Selatan.

Angin kencang dengan kekuatan lebih dari 20 knot di pesisir barat Sumatera Barat hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat juga akan terjadi.

Gelombang laut dengan ketinggian 2.5-4.0 meter diperkirakan akan terjadi di Kepulauan Nias, Perairan Kepulauan Mentawai, Samudera Hindia barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai.

Sedangkan Gelombang laut dengan tinggi mencapai 4.0-6.0 meter akan terjadi di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten. (wah)