Dinas Kesehatan Herlin Ferliana saat ditemui dalam sebuah acara. (Foto: istimewa)

Dinkes Jatim Pastikan WNI dari Wuhan Aman

Kesehatan 06 February 2020 17:20 WIB

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Herlin Ferliana mengatakan, Warga Negara Indonesia (WNI) yang nantinya dipulangkan dari Natuna dipastikan sudah aman dari virus corona.

Sebelumnya pemerintah Indonesia mengevakuasi WNI dari Wuhan, China. Terkait penyebaran virus corona yang terus memakan korban.

"Tentunya kami berupaya bahwa corona virus tidak masuk Indonesia, khususnya Jawa Timur. Untuk itu kebijakan pemerintah Indonesia bagi WNI yang pulang dari Wuhan untuk menjalani masa karantina di Natuna," ujar Herlin Ferliana, Kamis 6 Februari 2020.

Herlin menerangkan, masa inkubasi virus tersebut adalah 7 hari. Maka,untuk memastikan  WNI tidak membawa virus corona, mereka dikarantina selama dua kali masa inkubasi atau 14 hari.

Herlin menegaskan, bila WNI lolos dari masa karantina di Natuna dan dinyatakan aman, maka masyarakat tidak perlu memiliki rasa khawatir yang berlebihan.

"Rasanya kalau mereka sudah lolos masa inkubasi apalagi sampai dua kali masa inkubasi. Berarti mereka memang sudah aman dari virus corona," terangnya.

Meski begitu, ungkap Herlin, ketika para WNI nanti dipulangkan melalui bandara Juanda, mereka juga akan diperiksa menggunakan Thermal Scan.

Selain itu, lanjutnya, para WNI tersebut juga akan diberi kartu kewaspadaan untuk memantau kondisinya di rumah. "Kalau ada apa-apa mereka bisa kontak dengan dinas kesehatan setempat," imbuhnya.

Sekali lagi, Herlin mengimbau, untuk tidak menghindari WNI yang baru pulang dari Wuhan. Karena mereka sudah melewati masa karantina selama 14 hari dengan pegawasan yang ketat.

"Masyarakat tidak perlu takut, tidak perlu ada rasa takut yang berlebih," tutupnya.

Penulis : Pita Sari

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Sep 2020 11:40 WIB

Sensasi Minum Jamu dengan Campuran Minuman Kekinian

Coffee & Resto

Kreasi jamu dengan campuran minuman kekinian.

25 Sep 2020 11:28 WIB

Aktor Lian Firman Sukses Tembus Jalur Independen Pilkada Cilegon

Pilkada

Aktor Lian Firman akan bersaing dengan petahana di Pilkada Cilegon.

25 Sep 2020 11:11 WIB

Kemenhub akan Beri Sanksi Tiga Maskapai Penerbangan

Ekonomi dan Bisnis

Tiga maskapai penerbangan nasional akan diberi sanksi Kemenhub.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...