Setelah Diretas, Situs Kemendagri Sudah Dapat Diakses

23 Sep 2019 17:52 Nasional

Situs Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sempat diretas. Muncul tulisan berupa pesan duka untuk kondisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selanjutnya, situs Kemendagri sempat tumbang.

Namun, Senin 23 September 2019 petang, situs tersebut sudah dapat diakses. Situs Kemendagri di www.kemendagri.go.id menampilkan sketsa wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Pemimpin adalah ketegasan tanpa ragu".

Lalu pada tampilan berikutnya terpampang wajah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. "Banyak diantara kita, sosok pahlawan yang tidak butuh tanda jasa. Mereka memerdekakan yang teraniaya dan membangun bangsa tanpa pamrih, untuk kesejahteraan rakyat".

Namun, pada kanal bertuliskan 'Berita Terkini', saat ditelusuri ternyata isi unggahan berita yang ditampilkan merupakan kumpulan berita-berita lawas. Terakhir kali berita yang diunggah pada 12 September 2019.

Seperti diberitakan sebelumnya, situs Kemendagri diretas dan sempat tertulis pesan duka untuk kondisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bahkan sempat muncul tulisan 'Situs ini tidak dapat dijangkau' pada tampilan web browser.
Hal yang sama terjadi saat situs tersebut dicoba diakses di beberapa perangkat lapop maupun ponsel.

Beredar tangkapan layar tampilan muka laman situs resmi Kemendagri yang diretas itu. Tampilan itu berisi tulisan, "Hacked BySecurity007". Di bawahnya, ada kalimat yang disampaikan dengan warna tulisan merah dan berhuruf kapital.

"Kau itu pemimpin, yang gaji kau itu kami, seharusnya kau menuruti apa keinginan kami, bukan keinginan mereka yang berdasi !!! Suara rakyat kau batasi, semua kau anggap makar dan dikriminalisasi, kau hanyalah boneka yang diikat tali, tak lebih dari sebuah komedi!!!" demikian bunyi tulisan berima 'i' tersebut.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini