Bacawawali Surabaya, Mujiaman Sukirno ketika mengunjungi rumah warga di Kalimas Baru 2, Surabaya, Rabu 16 September 2020. (Foto: Istimewa)

Setelah Air, Mujiaman Ingin Perbaiki Hunian Warga Kalimas

Pilkada 16 September 2020 21:32 WIB

Bakal Calon Wakil Walikota Surabaya, Mujiaman Sukirno, memiliki segudang mimpi untuk memakmurkan masyarakat Surabaya. Kini, setelah berbagai pencapaiannya sebagai Direktur Utama PDAM Surya Sembada, Mujiaman mengusung misi untuk memberikan hunian yang layak untuk ditinggali warga Surabaya.

Seperti diketahui, salah satu pencapaian besar Mujiaman terjadi pada 2019 lalu ketika berhasil mengaliri air bersih bagi warga di Kawasan Kalimas, Surabaya.

Saat itu warga mengeluh kesulitan mendapat air yang kemudian ia carikan terobosan untuk memenuhi keinginan warga agar tidak melanggar Undang-Undang, karena tertulis direktur tidak boleh menyuplai air.

“Akhirnya kita pasang master meter, jaringan dibangun dengan swadaya masyarakat. PDAM juga memfasilitasi mengumpulkan pengusaha bersama USAID melakukan pembinaan. Ibu-ibu diajarkan mengumpulkan uang dan kemudian menghitung meter,” kata Mujiaman usai sapa warga di Kalimas Baru 2, Surabaya, Rabu 16 September 2020.

Dengan adanya ini, lebih dari 10 ribu masyarakat yang sebelumnya harus mengeluarkan uang setiap bulannya Rp600 ribu, kini hanya mengeluarkan Rp30 ribu untuk membayar air bersih yang mereka konsumsi setiap hari.

Setelah pecapaian itu, Mujiaman masih semangat untuk menaikkan taraf hidup masyarakat Surabaya. Ia bertekad untuk memperbaiki hunian warga menjadi lebih baik dan nyaman untuk ditempati. Sebab, saat ini masih banyak warga yang tak memiliki tempat tinggal.

“Insya Allah kalau sudah jadi Wakil Walikota, seluruh aspek saya bisa akses. Kita usahakan model semacam ini (ketika mengaliri air bagi warga Kalimas), utamanya warga yang belum punya tempat tinggal kita usahakan. Itu tanggung jawab pemerintah memfasilitasi,” ujarnya.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Sep 2020 02:45 WIB

Nyai Nur Ismah, di Antara Perempuan-Perempuan Penjaga Al-Quran

Khazanah

Putri ulama lengedaris KH Abdullah Salam dari Kajen Pati

22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop

MAMA 2020 digelar virtual di Korea Selatan.

22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop

Gedung baru Big Hit Entertainment, agensi BTS, mewah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...