Dr. KH. M. Afifuddin Dimyathi, MA, Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Qur'an Darul Ulum Jombang. (Foto: Istimewa)

Sesuaikah Diri Kita dengan Petunjuk Al-Quran? Ini Pesan Gus Awis

Islam Sehari-hari 16 December 2019 05:01 WIB

Dr. KH. M. Afifuddin Dimyathi, MA, Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Qur'an Darul Ulum Jombang. Kepada para santrinya, Gus Awis, panggilan akrab putra Kiai Dimyathi Romli, almaghfurlah ini memberikan pesan-pesan khusus. Berikut di antaranya:

"Janganlah Al-Qur'an kita gunakan untuk menilai orang lain. Tapi nilailah diri kita apakah sudah sesuai dengan petunjuk Al-Quran. Jika Al-Qur'an membicarakan orang kafir, janganlah kau mencari-cari orang kafir yang sesuai dengan sifat itu. Tapi lihatlah diri kita sendiri, apakah masih ada sifat kafir di dalam diri kita.

"Jika Al-Qur'an membicarakan orang munafik, janganlah kau mencari-cari orang munafik di sekitar kita yang sesuai dengan sifat tersebut. Tapi lihatlah diri kita sendiri, apakah masih ada sifat munafik di dalam diri kita.

"Semoga Allah Swt. mentakdirkan kita dan seluruh keluarga kita menjadi orang-orang yang suka membaca, suka menghafal, suka mengamalkan, dan atas ridho-Nya kita semua mendapatkan syafa'atnya Al-Qur'an.
Amin!"

Kitab Petunjuk

Seperti kita tahu, Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantara Malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia. Fungsi Al-Quran ada beberapa macam mulai dari fungsi Al-Quran dalam agama Islam, fungsi Al-Quran bagi kehidupan manusia, dan fungsi Al-Quran sebagai sumber ilmu.

Al-Quran juga merupkan dasar hukum Islam dan sumber syariat islam yang memiliki manfaat bagi umat manusia. Nabi Muhammad adalah seorang rasul yang dipercaya menerima muksizat Al-Quran yang bertugas untuk menyampaikan, mengamalkan, dan menafsirkan Al-Quran.

Al-Quran diturunkan menggunakan bahasa arab dan maknanya dari Allah SWT. Hingga sampai saat ini keaslian Al-Quran tetap dijaga dan terus dibukukan dengan menggunakan bahasa arab. Saat ini Al-Quran juga sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa asing terutama bahasa Indonesia.

Hal ini bertujuan agar Al-Quran lebih mudah di pahami dan dipelajari oleh umat Islam. Namun bahasa asli Al-Quran yaitu bahasa Arab tetap dipertahankan untuk menjaga keasliannya.

Dalam Al-Quran ada tiga posisi Al-Quran yang fungsinya sebagai petunjuk. Al-Quran menjadi petunjuk bagi manusia secara umum, petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman.

Demikian, wallahu a'lam.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Feb 2020 13:09 WIB

Keluarga Anak Kiai Cabul, Janji Akan Penuhi Panggilan Penyidik

Kriminalitas

Dipastikan akan datang setelah tim negosiasi telah bertemu keluarga

26 Feb 2020 04:27 WIB

Kecerdasan Spiritual dan Intelektual Perkuat Sifat Kepemimpinan

Khazanah

Tausiyah Rais Am PBNU KH Miftachul Akyar

24 Feb 2020 20:25 WIB

Polisi Terus Komunikasi Rencana Penjemputan Paksa Anak Kiai Cabul

Kriminalitas

Polisi harap tersangka koperatif menjalani upaya penegakan hukum

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.