Mabuk perjalanan.

Sering Mabuk Perjalanan? Ini 4 Bahan Alami untuk Mengatasinya

17 Jun 2018 12:00

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Momen lebaran dimanfaatkan banyak orang untuk mudik ke kampung halaman. Saat perjalanan sebagian orang pasti mengalami mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan tentu membuat kita tidak bisa menikmati perjalanan. Mabuk perjalanan tejadi karena tubuh mengirim sinyal yang bertentangan, sehingga otak tidak dapat menafsirkan dengan benar.

Gejala umum mabuk perjalanan adalah mulai mual, kulit pucat, berkeringat, muntah, pusing, dan kelelahan. Biasanya banyak orang menginsumsi obat untuk menghadapi mabuk perjalanan.

Namun, ada juga bahan alami yang bisa menjauhkan kita dari mabuk perjalanan. Berikut bahan alami yang bisa mengatasi mabuk perjalanan :

1. Jahe

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology (Gastrointestinal dan Liver Phisiology) tahun 2003, orang yang mengonsumsi suplemen jahe sebelum pergi ke taman hiburan tidak merasa mual.

Jahe dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk untuk mencegah mabuk perjalanan. Caranya dengan membuat teh jahe dengan merebus beberapa potongan jahe. Setelah itu, campur dengan dua cangkir air selama 10 menit dan minum setengah jam sebelum bepergian.

2. Apel hijau

Pektin dalam apel hijau dapat membantu menetralisir asam lambung. Hal itulah yang membuatnya sangat efektif mencegah mabuk perjalanan. Gula alami dalam apel hijau juga membantu menenangkan perut.

Caranya dengan meminum ekstrak jus dari dua apel hijau yang ditambah dengan lemon dan minum sebelum melakukan perjalanan.

3. Lemon

Lemon segar atau jus lemon mengandung asam sitrat yang dapat meredakan perut seperti mual, dan muntah saat bepergian. Bahkan, aroma lemon juga dapat membantu meringankan mabuk perjalanan karena memicu daerah otak untuk menekan mabuk perjalanan.

Caranya hanya mencampurkan satu lemon ke dalam segelas air hangat. Kemudian tambahkan madu dan minumlah sebelum melakukan perjalanan.

4. Cuka apel

Selain bermanfaat untuk mengatasi jerawat, ternyata cuka apel mempunyai efek keseimbangan basa dan pH pada tubuh yang dapat membantu mencegah mabuk perjalanan.

Caranya dengan mencampurkan dua sendok makan cuka apel dengan satu sendok makan madu ke dalam air hangat. Setelah itu langsung saja minum setengah jam sebelum bepergian.