Ampas kopi.

Sering Dibuang, Ternyata Ampas Kopi Punya Banyak Manfaat Loh!

14 Jun 2018 18:59

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Bagi para penikmat kopi hitam, ampas kopi tentu dianggap tak bermanfaat atau bahkan sering dibuang. Ternyata, ampas kopi yang selama ini kita buang memiliki banyak manfaatnya.

Apa saja manfaatnya? Ini penjelasannya:

1. Menghilangkan bau kulkas

Bekas makanan sisa atau bau ikan dan daging terkadang menimbulkan aroma tidak sedap di dalam kulkas. Untuk menghilangkan bau tersebut, caranya letakkan satu mangkuk ampas kopi di dalam kulkas lalu biarkan 1-2 hari. Kopi akan menyerap bau dan aroma kulkas Anda akan kembali netral.

2. Menghilangkan selulit

Lupakan krim penghilang selulit yang mahal. Gunakan ampas kopi yang masih hangat, campur dengan minyak kelapa. Gosok secara memutar di area selulit beberapa menit, lalu bilas. Lakukan rutin, selulit yang mengganggu penampilan niscaya meluntur.

3. Menghilangkan bau di tangan

Setelah memasak, biasanya tangan dipenuhi aroma bawang atau bau amis. Untuk menghilangkan, gosokkan ampas kopi di telapak tangan, lalu bilas dengan air hangat.

4. Menghaluskan dan mengencangkan kulit

Campur satu sendok ampas kopi dengan setengah sendok minyak zaitun. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak esensial favorit. Gosokkan ke wajah dan diamkan 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Menyuburkan tanah

Ampas kopi kaya akan fosfor, kalium, magnesium, tembaga, dan dapat melepas nitrogen ke tanah nitrogen bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman saat membusuk. Ampas kopi yang membusuk juga akan mengeluarkan asam yang baik untuk kesuburan tanah.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat ampas kopi yang bisa kamu coba di rumah. Semoga bermanfaat!