Pebalap Racing Point, Sergio Perez. (Foto: Twitter F1)

Sergio Perez Absen Balapan karena Positif Covid-19

F1 31 July 2020 21:24 WIB

Pebalap Racing Point, Sergio Perez terpaksa absen dari balapan Formula One Grand Prix (F1 GP) Inggris 2020, pada Minggu 2 Agustus 2020. Sergio Perez dan para pebalap lain memang mengikuti tes virus corona rutin sebelum balapan digeber di Sirkuit Silverstone. Dari hasil tes yang dilakukan, Kamis 30 Juli 2020 waktu setempat, Sergio Perez ternyata terpapar virus asal Wuhan, China itu.

Sergio Perez menjadi pebalap F1 pertama yang positif Covid-19. Pria kelahiran 26 Januari 1990 itu langsung menjalani isolasi mandiri dan berada dalam pengawasan ketat tim dokter Racing Point dan juga F1.

Panitia juga memberlakukan protokol kesehatan lebih ketat di area Sirkuit Silverstone, meski tidak sampai mempengaruhi balapan. Seluruh personel Racing Point yang sempat melakukan kontak dengan Sergio Perez juga tidak akan hadir pada seri balap keempat F1 2020 itu.

"Sergio Perez sudah melakoni isolasi mandiri menyusul instruksi dari departemen kesehatan setempat, dan akan terus mengikuti prosedur dari sana," ujar pernyataan resmi Federasi Otomotif Internasional (FIA) seperti dikutip Sky Sports.

"Dengan bantuan panitia lokal GP Inggris, otoritas kesehatan lokal, dan delegasi Covid-19 FIA, seluruh trek sudah diamankan dan para kerabat dekat Sergio Perez akan dikarantina. Prosedur FIA dan Formula 1 sudah bisa menekan angka penyebaran dan dipastikan tidak akan berdampak pada balapan akhir pekan ini,” sambung pernyataan tersebut.

Absennya Sergio Perez, maka Racing Point mencari pengganti karena mereka tak punya pebalap cadangan. Pilihan pun jatuh kepada Nicolas Hulkenberg. Sebelum dia resmi diumumkan menjadi pengganti Sergio Perez, ada kandidat lain yang disebut-sebut bisa menjadi alternatif pilihan Racing Point. Yakni Esteban Gutierrez dan Stofel Vandoorne. Keduanya merupakan pembalap penguji atau test driver di Tim Mercedes dan juga Racing Point.

“Terkonfirmasi bahwa Hulkenberg telah ditetapkan menjadi pengganti Sergio Perez. Ia akan mengikuti sesi latihan bebas pertama di Silverstone,” tulis pernyataan F1 di Twitter resminya, Jumat 31 Juli 2020.

Nico Hulkenberg terakhir kali racing pada Formula 1 pada musim 2019, bersama tim Renault. Dia lalu hengkang dari ajang balap jet darat tersebut setelah posisinya digantikan oleh Esteban Ocon pada musim 2020, dan tidak mendapatkan tim baru.

Sergio Perez sendiri selalu meraih poin dari tiga balapan awal dengan total 22 poin di posisi keenam klasemen pebalap F1 2020. Dia finis posisi keenam dua kali di Austria dan ketujuh di Hongaria.

Pebalap 30 tahun itu mengaku tak mengetahui secara pasti di mana dirinya terinfeksi virus tersebut. Tetapi yang pasti, dia mengatakan baru saja mengunjungi ibunya yang berada di tanah kelahirannya, yakni Meksiko, sebelum F1 GP Inggris 2020 bergulir.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 10:37 WIB

Mengenal Anosmia Gejala Baru Covid-19

Kesehatan

Anosmia gejala kehilangan indra penciuman bagi pasien Covid-19.

29 Sep 2020 10:19 WIB

Empat Pemain Persebaya Positif Covid-19

Liga Indonesia

Presiden Persebaya, Azrul Ananda menyebut empat pemainnya Covid-19.

29 Sep 2020 10:11 WIB

Diogo Jota, Pemain Baru Liverpool Bantu Tumbangkan Arsenal

Liga Inggris

Diogo Jota, pemain baru Liverpool sumbang gol untuk tumbangkan Arsenal.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...