Ilustrasi Bendera Palestina. (Foto: dok/antara)

Serangan Israel Nodai Kesucian Ramadhan

Internasional 08 May 2019 10:58 WIB

Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini mengecam keras aksi Israel yang kembali menghancurkan Gaza pada hari pertama bulan Ramadhan, disebutnya merupakan tindakan biadab dan menodai kesucian bulan Ramadhan.

"Penghancuran kali ini lebih biadab karena dilakukan tepat di hari pertama puasa Ramadhan ketika rakyat Gaza semestinya bisa tenang dan damai mengawali puasa di bulan suci Ramadhan. Agresi ini jelas menodai kesucian bulan Ramadhan," kata Jazuli dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Jazuli menilai Israel telah puluhan bahkan ratusan kali melanggar resolusi PBB, melanggar HAM, dan sama sekali tidak mengindahkan hukum humaniter internasional.

Menurut dia, komunitas internasional harus bersikap lebih keras dan tegas lagi, karena mau sampai kapan lagi kita membiarkan kebiadaban ini berlangsung di depan mata kita.

"Negara-negara besar, lembaga-lembaga internasional, dan masyarakat internasional tidak boleh diam," ujarnya.

Anggota Komisi I DPR RI itu melihat sikap dunia yang semakin keras dan tegas dapat diwujudkan dalam upaya menekan Israel, mengucilkan dari pergaulan internasional.

Dia mencontohkan bisa berupa embargo dan boikot hingga menyeret ke mahkamah pidana internasional sebagai pelaku kejahatan atas kemanusiaan.

"Prioritas lain yang tidak kalah penting adalah bagaimana menggalang solidaritas bantuan kemanusian untuk membantu penghidupan warga Palestina khususnya di Gaza," katanya.

Fraksi PKS menurut dia, menyerukan agar membantu saudara kita di Palestina melalui lembaga-lembaga kemanusiaan yang kredibel karena mereka sangat membutuhkan di tengah blokade Israel yang berlangsung lebih dari 13 tahun. (ant)

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Sep 2020 15:52 WIB

Damai dengan UEA dan Bahrain, Pesawat Israel Menyerang Palestina

Internasional

Pesawat Israel serang Gaza saat perjanjian damai dengan UEA dan Bahrain.

16 Sep 2020 10:38 WIB

Mengejutkan, Dua Negara Teluk Arab dan Israel Teken Perjanjian

Internasional

Perjanjian Damai ditulis dalam bahasa Inggris, Ibrani dan Arab

16 Sep 2020 09:58 WIB

Disaksikan Presiden Trump; UAE, Bahrain dan Israel Berdamai

Internasional

UAE, Bahrain dan Israel tandatangani perdamaian disiaksikan Presiden Trump

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...