Seragam Gratis Siswa SMA/SMK Negeri di Jatim Belum Terealisasi

10 Jul 2019 00:30 Pendidikan

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Hudiono mengatakan program seragam gratis dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk SMA/SMK Negeri di Jatim untuk tahun ajaran baru 2019/2020 akan dibagikan kepada siswa baru pada bulan September 2019.

Menurut Hudiono, saat ini program yang masuk dalam kategori pendidikan gratis dan berkualitas (Tis-Tas) tersebut masih dalam proses lelang. Dirinya menunggu proses lelang yang diadakan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tuntas.

"Kita masih menunggu hasil lelang. Kemungkinan bulan September sudah rampung dan seragam akan dibagikan kepada para siswa baru," kata Hudiono kepada ngopibareng.id, Selasa, 9 Juli 2019.

Selama proses lelang tersebut, Hudiono mengatakan, siswa baru sementara boleh menggunakan seragam sekolah SMP. Setelah lelang selesai, Pemprov akan memberi satu pasang seragam putih abu-abu dan satu pasang seragam pramuka gratis.

"Kuotanya, masing-masing siswa SMA/SMK hanya mendapat satu pasang seragam putih abu-abu dan satu pasang seragam pramuka. Kalau mau lebih, tentunya menggunakan biaya sendiri,” katanya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Kesos Jatim tersebut mengimbau kepada seluruh sekolah agar tidak memaksa wali murid membeli seragam di sekolah.

"Tidak boleh sekolah memaksa para wali murid untuk membeli seragam. Mau beli atau tidak itu urusan dari wali murid," katanya.

Hudiono menambahkan, wali murid bebas membeli seragam di sekolah atau di luar sekolah. Para wali murid mungkin memiliki referensi sendiri soal seragam. 

“Jadi, biar wali murid yang menentukan. Mungkin di luar harganya lebih murah atau kualitasnya lebih bagus. Pokoknya itu hak dari wali murid," katanya.

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini