Pimpinan Sunda Empire sedang berpidato di hadapan para pengikutnya. (Foto:Youtube)

Seperti Keraton Agung Sejagat, di Bandung Muncul Sunda Empire

Nusantara 17 January 2020 14:59 WIB

Setelah muncul Keraton  Agung Sejagat di Purworejo, kini muncul lagi kerajaan serupa, yaitu Sunda Empire, di Bandung, Jawa Barat.

Masyarakat wilayah Bandung sejak Kamis malam kemarin heboh dengan munculnya empire ini. Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Kesbangpol Bandung, Sony. menyebut "organisasi" itu ilegal karena tidak terdaftar. Namun, kata dia, hal itu sudah ditangani oleh Kodam III/Siliwangi sejak 2018.

"Dia bukan masuk ormas, dia tidak terdaftar sebagai ormas, makanya kita lagi telusuri, hampir sama kaya yang di Jawa Tengah," kata Sony, di Bandung, Jumat.

Unggahan video tentang "Sunda Empire" sempat beredar di salah kanal YouTube yang diunggah oleh akun bernama Alliance Press International. Selain itu, sejumlah konten mengenai "Sunda Empire" itu menyebar ke masyarakat melalui media sosial.

Salah satu video yang tersebar, berisi tentang sejumlah orang yang mengenakan atribut seperti militer lengkap dengan topi baret. Salah satu dari mereka ada yang berorasi tentang masa pemerintahan negara-negara yang akan berakhir pada 2020.

Tetapi sebenarnya, Sunda Empire ini sudah sejak lama hadir. Ada video yang lama, yaitu diunggah oleh Sunda Empire pada 16 Juni 2018. Dalam video yang menyertai berita ini nampak pimpinan Sunda Empire memberi testimoni yang nampaknya masuk akal meskipun itu berasal dari imaginasinya sendiri.

Keberadaan "Sunda Empire" itu dinilai sama seperti "Keraton Agung Sejagat". Karena mereka menggunakan seragam-seragam serupa seragam militer lengkap dengan atributnya, yang tidak jelas asal-usulnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Bandung, Ferdi Ligaswara, mengaku akan menelusuri keberadaan "Sunda Empire" tersebut. Sebagai negara hukum, kata dia, semua orang harus mematuhi aturan yang ada.

"Kami akan telusuri dulu, intinya negara kita negara hukum. Jangan berbenturan dengan aturan," kata dia. (ant)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Apr 2020 17:45 WIB

Wabah Corona, Kemenag Kota Malang Perkenalkan Nikah Online

Jawa Timur

Nikah online di Malang tinggal daftar di simkah.kemenag.go.id.

01 Apr 2020 17:32 WIB

Tiap Hari Jatim Butuh 3.200 APD

Jawa Timur

Jatim butuh 3.200 APD perhari apabila terjadi puncak pandemi Covid-19.

01 Apr 2020 17:15 WIB

5 Senyawa Temuan Unair akan Dicari untuk Obat Corona

Teknologi dan Inovasi

Unair akan cari lima senyawa temuannya untuk obat corona.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.