Presiden Brazil Jair Bolsonaro. (Foto:Reuters)

Sepelekan Covid, Presiden Brazil Positif

Internasional 08 July 2020 10:27 WIB

Presiden Brazil Jair Bolsonaro, 65 tahun, mengaku positif terinfeksi virus corona. Dia menyatakan itu dalam suatu wawancara wawancara dengan televisi, Selasa kemarin.

Bolsonaro selama ini dikenal kepala negara di dunia yang menyepelekan pandemi corona. Dia berulang kali menganggap ringan dampak penyakit menular itu, meskipun Brazil telah menjadi salah satu pusat penyebaran COVID-19 dunia.

Pengumuman itu ia sampaikan setelah sebelumnya pada Senin 6 Juli  ia mengatakan kembali menjalani tes COVID-19 dan meyakini bahwa paru-parunya "bersih".

Pernyataan itu ia ungkapkan setelah beberapa media di Brazil memberitakan Bolsonaro mengidap gejala mirip COVID-19.

Stasiun televisi CNN Brazil dan koran Estado de S. Paulo memberitakan Bolsonaro mengidap gejala yang mirip COVID-19, salah satunya demam.

Namun, Bolsonaro mengatakan ia telah ke rumah sakit dan menjalani pemeriksaan. Informasi itu ia sampaikan ke para pendukungnya di luar Istana Kepresidenan.

"Saya tak dapat terlalu dekat," kata dia sebagaimana direkam oleh Foco do Brasil, kanal Youtube pro-pemerintah. "Saya baru saja ke rumah sakit dan paru-paru saya diperiksa. Paru-paru saya bersih," kata dia hari Senin.

Kantor Kepresidenan sebelumnya lewat pernyataan tertulis mengatakan Bolsonaro saat ini berada di kediamannya dan ia dalam kondisi "sehat".

Bolsonaro, politisi sayap kanan di Brazil, kerap menentang protokol kesehatan setempat yang mewajibkan masyarakat memakai masker di tempat umum. Bahkan, majelis hakim pada akhir Juni sampai turun tangan memerintahkan Bolsonaro untuk memakai masker.

Selama akhir pekan lalu, Bolsonaro menghadiri sejumlah acara dan berada dalam jarak dekat dengan duta besar Amerika Serikat untuk Brazil saat peringatan hari kemerdekaan AS pada 4 Juli. Kedutaan Besar AS di Brasilia belum menanggapi pertanyaan terkait pertemuan itu.

Bolsonaro sempat dinyatakan negatif COVID-19 setelah beberapa ajudannya positif terjangkit virus corona baru. Tes itu dilakukan setelah ia mengunjungi Presiden AS Donald Trump di kediamannya Mar-a-Lago, Florida, pada Maret.

CNN Brasil memberitakan Bolsonaro mulai meminum obat anti malaria hydroxychloroquine dan azithromycin. Bolsonaro meyakini obat itu dapat menyembuhkan COVID-19, meskipun masih sedikit bukti ilmiah yang tersedia.

Bolsonaro batal menghadiri beberapa acara resmi yang digelar hari Selasa kemarin, demikian isi berita CNN Brasil.

Jair Messias Bolsonaro adalah mantan perwira militer dan politikus asal Brasil yang saat ini menjabat sebagai Presiden Brasil ke-38 sejak 1 Januari 2019. Sebelumnya, ia menjabat sebagai anggota Dewan Deputi mewakili negara bagian Rio de Janeiro sejak 1991. Ia adalah anggota Partai Liberal Sosial. (ant/rtr)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

14 Aug 2020 09:58 WIB

Jangan Lupa, Sore Ini Pengumuman SBMPTN

Pendidikan

Peserta yang lolos SBMPTN diminta mencermati informasi perguruan tinggi.

14 Aug 2020 09:46 WIB

Ini Keistimewaan Sidang Tahunan MPR di Tengah Pandemi Covid-19

Nasional

Sidang tahunan MPR kali ini hanya diikuti separoh dari anggota MPR.

14 Aug 2020 09:18 WIB

Episode Terakhir The K2: Cloud Nine Diledakkan Sung Won

ngopiK-pop

Pertikaian Yoo Jin dan Sung Won berujung peledakan Cloud Nine.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...