Sepekan Diresmikan, Lereng Tol Salatiga-Kartasura Ambrol

27 Dec 2018 14:43 Nasional

Baru sepekan diresmikan Presiden Joko Widodo, talut atau lereng jalan tol ruas Salatiga-Kartasura di KM 489 runtuh akibat dihajar air hujan.

Juru Bicara PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Dwimawan Heru, melalui grup WhatsApp media di Jakarta, Kamis 27 Desember 2018 mengatakan lereng di pinggir jalan itu runtuh setelah beberapa hari diguyur hujan.

"Badan jalan masih utuh hanya guardrail turun. Panjang yang rusak 20 meter dan sudah diperbaiki. Selesai maksimal dalam empat hari ini," kata Dwimawan.

Meski sempat ada ambrolan lereng jalan, namun PT Jasa Marga memastikan jalan tol tersebut tetap beroperasi dengan menggunakan satu lajur jalan. Sedangkan untuk proses perbaikan sendiri memerlukan satu lajur untuk alat berat dan material.

Sekadar diketahui, jalan Tol Salatiga-Kartasura ini sebelumnya diresmikan Presiden Jokowi pada 20 Desember 2018, bersamaan dengan dua ruas jalan tol lainnya yang masuk Tol Trans Jawa.

Jokowi meresmikan tol ini di Jembatan Kali Kuto, ikon jalan Tol Batang-Semarang yang sekaligus menjadi ikon Tol Trans Jawa.

Peresmian sendiri dilakukan untuk Tol Pemalang-Batang sepanjang 34 km, kemudian Tol Batang-Semarang sepanjang 75 km dan Tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura sepanjang 33 km.

Dengan peresmian ini, total jalan tol yang sudah tersambung dari Merak-Grati (Pasuruan sepanjang 933 km. (man)


Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini