Ilustrasi Dukun. (Foto: Istimewa)

Seorang Dukun Undang Nyi Roro Kidul Amankan Pelantikan Jokowi

Politik 18 October 2019 17:40 WIB

Sebuah video seorang dukun sedang melakukan ritual pengamanan pelantikan presiden di gedung DPR/MPR viral di media sosial. Dalam video tersebut, tampak seseorang yang mengenakan pakaian dan udeng hitam melakukan ritual bersila di pelataran gedung Nusantara V DPR/MPR.

Sosok dukun bernama Ki Sabdo tampak duduk bersila sambil mulutnya tampak membacakan mantra-mantra khusus.

Kepada si perekam video, Ki Sabdo mengatakan bahwa apa yang dia lakukan adalah untuk gladi bersih pengamanan pelantikan Jokowi dari gangguan makluk gaib.

"Harus ada pengawalan secara spiritual. Ini sudah saya taruh di sini mulai Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong, Jin Kayangan dan yang lainnya, komplit. Jadi sudah mantap. Pak Jokowi pasti dilantik, nggak ada halangan. Nanti yang mencoba menghalangi urusannya Ratu Selatan, urusan saya, saya yang beresin," ujar Ki Sabdo dalam video tersebut.

Sementara itu menanggapi viralnya video ini, pimpinan MPR menegaskan pihaknya tidak melibatkan dukun dalam proses pelantikan presiden. Pengamanan hanya melibatkan personel TNI, Polri, BIN serta personel pengamanan internal DPR/MPR.

"Tidak ada dukun, pengamanan pelantikan ya koordinasi antara Panglima TNI, Kapolri, serta Kepala BIN, Setneg dan aparat terkait. Tidak ada itu dukun atau ahli magic," kata Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Jumat, 18 Oktober 2019.

Jazilul juga heran kenapa ada dukun yang bisa masuk ke dalam kompleks parlemen dan melakukan ritual khusus. Harusnya, setiap tamu ke kompleks parlemen bisa dicek maksud dan tujuannya.

Jazilul hanya mengatakan bahwa apa yang dilakukan dukun tersebut hanyalah sebuah ekspresi dari warga yang berharap prosesi pelantikan bisa berjalan lancar dan damai.

Sekadar diketahui, pelantikan Jokowi-Ma'ruf sebagai presiden dan wakil presiden akan digelar pada Minggu, 20 Oktober 2019 di kompleks MPR/DPR.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Mar 2020 19:50 WIB

Mengaku Bisa Gandakan Miliaran Rupiah, Dukun Palsu Ditangkap

Kriminalitas

Tergoda penggandaan uang, warga Banyuwangi tertipu ratusan juta.

23 Dec 2019 17:09 WIB

Gerakan Repatriasi Koleksi Museum di Barat, Ini Dukungan Kemenag

Nasional

Jumlah koleksi dari Indonesia yang tersimpan di museum ini adalah 79.863 buah

09 Dec 2019 15:14 WIB

Sowan Lirboyo, Kiai Sepuh Dukung Gus Muwafiq Terus Berdakwah

Jawa Timur

Pengasuh Ponpes Lirboyo dukung Gus Muwafiq untuk terus berdakwah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.