Serge Gnabry. (Foto: Twitter/@FCBayern)

Sensasi Pemain Buangan Arsenal

Liga Champions 02 October 2019 08:18 WIB

Sosok Serge Gnabry berhasil mencuri perhatian banyak orang ketika Bayern Munchen meraih kemenangan besar di Matchday ke-2 Liga Champions, Rabu 2 Oktober 2019. Apalagi, lawan yang mereka hancurkan dengan skor 7-2 di laga ini adalah finalis Liga Champions 2018-2019, Tottenham Hotspur.

Sensasi Gnabry memang layak membuat pecinta bola sejagad terperangah. Pasalnya, ia berhasil mencetak empat dari tujuh gol yang dicetak Bayern pada pertandingan babak penyisihan Grup B tersebut. Hebatnya lagi, Gnabry melakukannya di kandang lawan, Tottenham Hotspur Stadium.

Namun, jika menilik awal karier profesionalnya, penyerang sayap berkebangsaan Jerman ini pernah nyaris meredup. Dicomot Arsenal pada 2011 dari VfB Stuttgart, Gnabry bergabung dengan tim kedua Arsenal yang berlaga di kompetisi kelompok umur (U-18). Maklum, di usianya yang masih 15 tahun, ia terlalu muda untuk bermain di level senior.

Benar saja, di tim itu, penampilannya cukup mengesankan , sehingga ia mendapat promosi ke tim senior di musim 2013-2014. Bersama Arsenal, sinarnya semakin berkilau berkat penampilan gemilang serta produktivitasnya dalam mencetak gol.

Namun jalan cerita indah itu berlangsung lebih cepat, karena pada musim 2014-2015 cedera lutut parah memaksa langganan Timnas Jerman di semua kelompok umur itu absen hampir setahun.

Saat ia pulih, harapan untuk kembali membela Arsenal tampaknya pupus. Pemain lincah dengan kecepatan di atas rata-rata ini pun dipinjamkan ke klub kecil di Inggris, West Bromwich Albion, tim yang kini bermain di kompetisi kasta kedua di tanah Britania. 

Lebih parah, di klub gurem tersebut Gnabry bahkan hanya mencatatkan satu caps saja di sepanjang musim 2015-2016. Bahkan pelatih klub itu, Tony Pulis menilai Gnabry tak berada di level permainan West Brom. Beruntung, ia diselamatkan Werder Bremen setelah menghabiskan waktu semusim yang membuatnya frustrasi.

Di klub barunya itulah, Gnabry mulai menemukan masa depannya. Memanfaatkan kecepatan yang ia miliki, pemain buangan Arsenal ini berhasil menemukan kembali sentuhan terbaiknya. Hal ini menarik minat klub raksasa Bundesliga, Bayern Munchen, untuk merekrutnya di musim panas 2018.

Bersama Munchen, Gnabry kini menjelma menjadi salah satu bintang dunia yang menakutkan bagi semua lawan. Setidaknya, bek-bek tangguh Tottenham Hotspur telah merasakan betapa sulitnya menghadang laju pemain berusia 24 tahun tersebut.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 May 2020 21:03 WIB

Bayern Munchen Perpanjang Kontrak Manuel Neuer Hingga 2023

Liga Jerman

Chelsea gagal mendapatkan tanda tangan Neuer

20 May 2020 15:01 WIB

Danny Rose: Pemain Premier League Seperti Tikus Laboratorium

Liga Inggris

Pemain ini menetang kompetisi diputar kembali di tengah pandemi

19 May 2020 19:35 WIB

Lacazette Kedua Kalinya Bertindak Indisipliner

Liga Inggris

Dia kembali menghirup balon 'hippy crack' yang memabukkan

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.