Liga Champions 2019-2020Sensasi Erling Haland, Bocah 19 Tahun Milik FC Salzburg

18 Sep 2019 07:25 Liga Champions

Erling Haland, sosok yang kurang familiar di telinga pecinta kulit bundar. Namun setelah laga perdana FC Salzburg di Liga Champions 2019/2020, dini hari WIB tadi, publik akan mencari tahu siapa dia.

Haland merupakan 'bocah' yang baru menginjak usia 19 tahun tepat pada tanggal 21 Juli lalu. Pemain yang lahir di Leeds, Inggris, tersebut saat ini merupakan salah satu skuat dari Timnas Norwegia di Kualifikasi Euro 2020.

Publik jelas mendengar ada pemain yang berhasil mencetak sembilan gol di Piala Dunia 2020. Namun mereka masih samar dengan kualitas sang pemain.

Adalah Haland, pemain yang menorehkan catatan spesial tersebut pada Piala Dunia U20 di Polandia medio bulan Mei 2019 lalu saat Norwegia menghajar Honduras 12-0. Meski Norwegia U-20 tersisih di fase grup, catatan gemilang dari Haland tentu menjadi nilai jual tersendiri.

Sensasi tersebut nyatanya tidak berhenti sampai di sana. Pada laga debut Salzburg di Liga Champions 2019-2020 setelah hampir 35 tahun absen, dini hari tadi melawan KRC Genk, Haland menorehkan Hattrick hanya dalam satu babak. Bahkan salah satu golnya, ia cetak saat laga baru berusia 1 menit 45 detik.

Istimewanya, torehan itu ia ciptakan di laga debutnya di Liga Champions Eropa. Ia memborong tiga gol saat timnya membantai Genk 6-2. Sebuah catatan luar biasa di laga debut pemain di UCL, bahkan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang saat ini berada di puncak daftar top skor sepanjang masa UCL saja tidak pernah membuat catatan tersebut di laga pertamanya di kompetisi terbesar di benua biru.

Menoleh ke belakang bagaimana kiprah awal Haland sebagai pesepakbola, ia memulai karirnya di klub divisi satu Norwegia, Bryne FK, pada usia 16 tahun.

Laga debutnya sebagai pemain profesional berakhir dengan kekalahan Bryne 0-1 dari Ranheim di divisi satu Liga Norwegia. Semusim bersama Bryne, Haland yang masih imut-imut gagal mencetak satu gol setelah bermain di 16 laga bersama klub yang ia bela. Dia menorehkan waktu bermain sebanyak 422 menit. Waktu yang lumayan untuk bocah yang baru berusia 16 tahun.

Haland kemudian pindah ke Molde pada tahun 2017. Menit bermainnya kini justru berkurang, namun insting mencetak golnya mulai bertaring. Hanya memiliki 14 caps dengan total catatan 383 menit, Haland berhasil mencetak dua gol di musim debutnya bersama Molde di Liga Utama Norwegia.

Gol perdana Haland sebagai pemain profesional dicetak ke gawang Tromso pada 6 Agustus 2017 saat membantu Molde meraih kemenangan 2-1.

Di musim berikutnya tepatnya tahun 2018, Haland mulai mendapat tempat di skuat utama Molde yang saat itu dilatih oleh Pelatih Manchester United saat ini, Ole Gunnar Solskjaer.

Di musim tersebut Haland mencetak 12 gol di liga domestik dan 4 gol di fase Kualifikasi Liga Eropa, meski Molde gagal melaju ke babak utama setelah disingkirkan Zenit Saint Petersburg.

Pada bursa transfer musim panas 2018-2019, FC Salzburg memboyongnya dari Molde dengan biaya transfer yang dirahasiakan.

Musim perdananya bersama raksasa Austria terbilang sangat biasa saja. Ia hanya menorehkan satu gol sepanjang musim lalu dengan waktu bermain yang sangat minim yakni 83 menit.

Angin segar menghampirinya musim ini, saat dipercaya pelatih baru Salzburg, Jesse Marsch sebagai pemain inti. Kepercayaan itu dibayar dengan sempurna oleh Haland. Dari tujuh laga yang ia lakoni bersama Salzburg di Bundesliga Austria musim ini, Haland sudah mencetak 11 gol dengan torehan manis dua kali hattrick.

Torehan dua hattrick tersebut hanya di liga saja, di ajang Piala Austria, Haland juga mencatatkan Hattrick saat membantu Salzburg menang 7-1 atas Parndorf.

Panggilan Timnas senior Norwegia pun ia dapat. Namun ia masih belum moncer di timnas senior, setelah dalam dua caps, Haland belum memberi kontribusi secara langsung.

Tentu yang terhangat dari Haland adalah tiga golnya di laga perdana Liga Champions musim ini. Dengan gagah, Haland saat ini memuncaki daftar top skor sementara kompetisi tertinggi antar klub di benua biru tersebut.

Kini, dikutip dari situs Transfermarkt.com, harga pemain yang bernama lengkap Erling Braut Haland tersebur berada di angka 12 juta euro atau bila dirupiahkan sekitar Rp 187 miliar.

Harga yang sangat murah bagi klub-klub elite Eropa macam Real Madrid, Barcelona, PSG, Manchester City, Juventus dan klub besar lainnya.

Tentu saja pada bursa transfer musim dingin, Januari mendatang, Haland tentu menjadi komoditi panas untuk klub besar Eropa. Apalagi Salzburg terkenal menjual pemain bintangnya ke klub yang bermain di liga top Eropa macam Sadio Mane. Apakah Salzburg bersedia melepas?

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini