Barcelona Hentikan Kontrak Firma Hukumnya karena beri masukan kepada Lionel Messi. (Foto: Twitter/@WeAreMessi)
Barcelona Hentikan Kontrak Firma Hukumnya karena beri masukan kepada Lionel Messi. (Foto: Twitter/@WeAreMessi)

Senjata Makan Tuan, Barcelona Hentikan Kontrak Firma Hukumnya

Ngopibareng.id Liga Spanyol 30 August 2020 19:05 WIB

Barcelona menghentikan kontrak kerja sama dengan firma hukum Catrecasas. Penghentian pemakaian jasa kantor pengacara ternama di Catalonia ini karena Azulgrana menilai mereka berperan sebagai agen ganda yang memicu situasi tidak pasti terkait konflik Barcelona dengan Lionel Messi.

Cuatrecasas, melalui salah satu mitranya, Jorge Pocourt, seorang spesialis hukum olahraga dan perpajakan ini adalah orang yang menunjukkan kepada Messi bahwa ia berhak memutus kontraknya dengan Barcelona secara sepihak, meski bunyi dalam klausul kontrak Messi menyebutkan bahwa ia tidak bisa keluar dari Barcelona dengan status bebas transfer setelah 10 Juni.

Di sisi lain, sejak lama Cuatrecasas menjadi firma hukum yang dikontrak Barcelona untuk menangani semua hal yang berkaitan dengan hukum. Salah satunya ketika Barcelona berkonflik dengan Neymar terkait bonus.

Anehnya, dalam kasus Messi, Josep Maria Bartomeu sendiri yang merekomendasi Messi menggunakan firma hukum yang sama ketika ia tersandung kasus pajak dengan otoritas pajak di Spanyol pada 2013 lalu. Kala itu Messi dituduh melakukan penggelapan pajak.

Secara berkelanjutan, Jorge Pocourt juga menjadi penasihat hukum Messi. Ia pula yang menyarankan megabintang Argentina itu mengirimkan burofax kepada Barcelona. Dari situ kemudian badai konflik antara La Pulga dengan Barca berawal, karena isi burofax tersebut Messi meminta Barcelona melepasnya secara gratis.

Barcelona pun geram. Pihak klub menilai inisiatif Messi melayangkan burofax tersebut ke Barcelona atas masukan penasihat hukumnya tersebut.

Dalam perkembangan kasus Messi dengan Barca, salah satu media di Spanyol, Cardena Serr melalui program El Larguero menyebutkan bahwa Messi tak terikat dengan klausul yang menyebutkan bahwa klub peminat Messi harus membayar kompensasi sebesar 700 juta euro jika memboyongnya keluar dari Camp Nou.

Pemain Argentina itu terbebas dari klausul tersebut karena sudah tidak berlaku lagi. Kalau pun ada kompensasi yang harus dibayar, biaya yang dikeluarkan klub Messi selanjutnya tidak akan sesuai dengan yang diinginkan Blaugrana.

Masih dari program yang sama menyebutkan bahwa hakim di pengadilan akan memutuskan bahwa Messi bukan lagi milik Barca. Sementara klub baru Messi nanti akan membayar kompensasi yang lebih rendah dari 700 juta yang tertuang dalam klausul kontrak.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

28 Jan 2021 01:30 WIB

Usai Seret Istri di Kap Mobil, Wakil Ketua DPRD Sulut Minta Maaf

Nasional

Wakil Ketua DPRD Sulut minta maaf.

28 Jan 2021 01:13 WIB

Kasus Kematian Rapper Iron Ditutup, Keluarga Tolak Otopsi

ngopiK-pop

Keluarga tolak otopsi jenazah rapper Iron.

28 Jan 2021 00:35 WIB

Diduga Selingkuh, Wakil Ketua DPRD Sulut Dicopot dari Jabatan

Politik

Usai dihadang istri di kap mobil, Wakil DPRD Sulut dicopot dari jabatan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...