Senam Hingga Deteksi Mata untuk Peringati Hari Lansia

30 Jun 2019 12:18 Kesehatan

Usia tua bukan berarti bermalas-malasan atau hanya berdiam diri di rumah. Contohlah kelompok lansia Indah Sari yang menggalakan senam rutin untuk para lansia, seperti yang mereka lakukan pada Minggu pagi tadi, 30 Juni 2019. 

Dr. dr. Titiek Ernawati, Sp. M dari Rumah Sakit Primastya Husada Citra (PHC) Surabaya mengatakan, kegiatan senam bagi lansia akan membuat tubuhnya sehat.

"Semakin sehat tubuh seseorang proses penuaan juga akan lambat, kalau proses penuaan lambat penyakit yang diakibatkan penuaan (degeneratif) juga akan semakin lambat dalam menyerang," ujar dokter spesialis mata ini.

Setelah melakukan senam, kelompok Lansia Indah Sari bersama RS PHC melakukan pemeriksaan untuk deteksi dini penyakit degeneratif seperti katarak dan diabetes.

"Kalau kita sehat, organ tubuh yang lain juga sehat karena itu sangat berpegaruh. Dan sebagai upaya pencegahan dini kami melakukan pemeriksaan mata katarak serta kadar gula darah bagi lansia," jelas Titiek.

Pemeriksaan mata dipilih, menurut Titiek, 50 persen usia lansia pasti mengalami katarak dan katarak yang tak ditangani dengan baik akan menimbulkan kebutaan.

"Katarak merupakan kekeruhan pada lensa mata dimana salah satunya dipegaruhi oleh usia. Dulu lensa matanya jernih sekarang keruh," ujarnya.

Kegiatan senam yang dilakukan para lansia untuk peringati hari lansia nasional  Foto istimewa
Kegiatan senam yang dilakukan para lansia untuk peringati hari lansia nasional. (Foto: istimewa)

Gejala katarak, disebutkan Titiek antara lain ialah penglihatan kabur, penglihatan ganda dan saat melihat cahaya pandangan menjadi kabur. Bila sudah menganggu kehidupan sehari-hari sebaiknya memang harus segera dioperasi.

 

Titiek juga menuturkan, saat ini kesadaran masyarakat mengenai pemeriksaan dini katarak memang masih kurang. Hal ini terbukti masih banyak yang datang ke dokter dengan kondisi katarak sudah matang dan tebal.

 

"Salah satu pencegahan katarak ialah hidup sehat dengan berolahraga menjaga makanan, karena dengan ini tubuh akan sehat yang sehat penuaan juga akan datang lambat," pesan Titiek.

 

Senam lansia dan deteksi dini mata oleh RS PHC ini dilakukan untuk memperingati hari Lansia Nasional, yang jatuh pada Sabtu kemarin, 29 Mei 2019. Tetap semangat dan hidup sehat tanpa memandang usia. (pts) 

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini