Infografis: Persebaya Era Djajang Nurdjaman

19 Nov 2018 14:06 Bola

Djajang Nurdjaman masuk menggantikan posisi Angel Alfredo Vera yang mundur dari kursi pelatih Persebaya usai ditekuk Perseru Serui 1-3 di pekan ke-18 Liga 1 pada 31 Juli 2018 lalu.

Namun, secara definitif, Djajang sebetulnya baru resmi menukangi Persebaya beberapa hari sebelum pertandingan lawan PS Tira.

Di awal kariernya bersama Persebaya, juru taktik berusia 53 tahun ini menuai hasil buruk. Tim berjulukan Bajul Ijo itu keok 0-2 dari PS Tira di depan puluhan ribu Bonek Mania pada 11 September 2018 lalu.

Tapi tak butuh waktu lama bagi Djanur untuk menunjukkan kapasitasnya sebagai salah satu pelatih top Tanah Air. Pada pertandingan keduanya lawan Sriwijaya FC, 16 September 2018, kinerja Djanur mulai menampakkan hasil.

Meski hanya menuai hasil seri di laga itu, performa Persebaya menunjukkan peningkatan. Pasalnya, Persebaya nyaris menang di pertandingan itu. Tercatat, Persebaya sempat tiga kali unggul sebelum akhirnya mampu disamakan oleh tuan rumah.

Setelah pertandingan itu, Persebaya sempat memperlihatkan penampilan menjanjikan tatkala menghajar Mitra Kukar 4-1 di pekan berikutnya. Sayang, tim berjulukan Bajul di bawah Djanur kembali melorot menyusul dua kekalahan beruntun di markas Arema FC dan di kandang sendiri dari Borneo FC dengan skor
identik, 0-1.

Dua kekalahan ini tampaknya menjadi titik balik prestasi Persebaya. Rendi Irwan dkk. mengamuk dalam dua laga berikutnya, menang 4-1 dari Persib dan 4-0 atas Madura United.

Meski di pertandingan berikutnya mereka sempat tumbang 1-3 dari Persipura pada 30 Oktober 2018, Persebaya kembali on the track di tiga laga berikutnya. Tiga tim raksasa lainnya mereka gebuk dengan skor telak, menang 3-0 atas Persija, PSM (3-0) dan Bali United (5-2). (Nas)

Grafis Vidhingopibarengid
Grafis: Vidhi/ngopibareng.id

Grafik penampilan Persebaya sejak ditangani Djajang Nurdjaman:

1. Persebaya vs PS Tira 0-2 (11 September 2018)
Laga kontra PS Tira menjadi debut Djajang Nurdjaman melatih Persebaya. Sayang, pada kesempatan pertama mendampingi Rendi Irwan dkk, Persebaya tumbang 0-2.

2. Sriwijaya FC vs Persebaya 3-3 (16 September 2018)
Di pertandingan keduanya lawan Sriwijaya FC, Persebaya menunjukkan peningkatan. Sayang, sempat tiga kali unggul, Persebaya gagal mempertahankan karena Sriwijaya FC mampu menyamakan kedudukan. Skor akhir sama kuat, 3-3.

3. Persebaya vs Mitra Kukar 4-1 (22 September 2018)
Kemenangan pertama akhirnya didapat Djanur bersama Persebaya. Bermain di kandang sendiri, Persebaya berhasil menundukkan Mitra Kukar dengan skor telak, 4-1.

4. Arema FC vs Persebaya 1-0 (6 Oktober 2018)
Bermodal kemenangan lawan Mitra Kukar, Persebaya datang ke markas Arema FC. Sayang, ambisi Persebaya meraih kemenangan justru berakhir dengan kekalahan 0-1.

5. Persebaya vs Borneo FC 0-1 (13 Oktober 2018)
Bertanding di hadapan puluhan ribu Bonek Mania, Persebaya berambisi mendapatkan obat luka usai takluk di tangan Arema FC 0-1. Tapi Persebaya justru kembali menelan pil pahit setelah laga berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu

6. Persib vs Persebaya 1-4 (20 Oktober 2018)
Tandang ke markas Persib yang menggunakan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, sebagai markasnya. Persebaya justru mengamuk, gawang tuan rumah diberondong empat gol, dan hanya berbalas satu gol saja.

7. Persebaya vs Madura United 4-0 (25 Oktober 2018)
Madura United menjadi korban Persebaya selanjutnya. Tim yang dihuni banyak pemain bintang ini dibuat tak berdaya oleh Rendi Irwan dkk. Tak main-main, empat kali gawang Laskar Sapeh Kerrap dibobol oleh para pemain Persebaya.

8. Persipura vs Persebaya 3-1 (30 Oktober 2018)
Datang ke Jayapura dengan optimisme tinggi, tim berjulukan Bajul Ijo justru dipaksa pulang dengan kepala tertunduk setelah menyerah 1-3 dari tuan rumah.

9. Persebaya vs Persija 3-0 (4 November 2018)
Hasil buruk lawan Persipura tampaknya membangkitkan motivasi para pemain Persebaya. Kemenangan yang ditubuhkan agar bergerak menjauh dari zona degradasi berhasil mereka wujudkan setelah memaksa Persija bertekuk lutut. Persebaya menang dengan skor 3-0.

10. Persebaya vs PSM Makassar 3-0 (10 November 2018)
Sekali lagi, Persebaya menegaskan statusnya sebagai pembunuh tim-tim raksasa. Kali ini, kandidat juara Liga 1, PSM Makassar mereka pukul dengan skor telak, 3-0.

 

11. Bali United vs Persebaya 2-5 (18 November 2018)
Keganasan Persebaya masih berlanjut pada laga kontra Bali United di pekan ke-31 Liga 1. Menyambangi markas lawan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar-Bali, Persebaya tampil menggila. Tuan rumah dilumat 5-2, hasil di luar dugaan ini sekaligus memastikan Persebaya terhindar dari kubangan degradasi.

Reporter/Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini