Sempat Jadi Viral Foto Anak Pemilik Bom Pasuruan, Ternyata Begini Kondisi Sebenarnya

13 Jul 2018 19:05 Jawa Timur

Foto anak pemilik bom Pasuruan yang beberapa hari lalu sempat viral, karena ada suster yang sedang memeluk anak tersebut, memang kini sedang menjalani perawatan di RS Bhayangkara Surabaya.

Seperti diketahui, anak tersebut merupakan korban dari bom rakitan ayahnya sendiri. Dari kejadian itu, anak yang masih belum tiga tahun ini mengalami luka serius.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan kondisi balita tersebut sudah membaik. "Kita lihat bahwa kondisi terakhir dari pada anak itu dalam keadaan membaik dalam artian signifikan," ujar Barung, Jumat 13 Juli 2018.

Tak hanya dari lukanya, Barung menambahkan, kondisi balita tersebut sudah cukup signifikan dari segi psikis. "Signifikan dalam rangka pemulihannya baik secara fisik maupun psikis," imbuhnya.

Barung juga mengabarkan Polda Jatim dan RS Bhayangkara selama ini telah memiliki pengalaman dalam merawat anak-anak korban orang tuanya yang menjadi teroris. Untuk itu, dalam merawat anak Abdullah atau Anwardi yang saat ini masih buron, pihaknya juga berfokus pada penyembuhan.

"Polda Jawa Timur dan Rumah Sakit Bhayangkara sudah melakukan berbagai pengalaman terhadap ini semua. Dan sudah kita lakukan healing dengan dibantu berbagai pihak," katanya.

Sementara itu, mengetahui kondisi beredarnya foto balita tersebut, Barung sangat menyayangkan beredarnya foto anak tersebut di media sosial. Pihaknya akan mengusut tuntas siapa yang mengunggah foto tersebut. Karena hal ini tentu melanggar UU ITE, kode etik penyiaran hingga UU anak.

"Tetapi yang disayangkan memang ada pihak tertentu yang memanfaatkan ini untuk kepentingan tertentu, dengan melakukan upload di media sosial. Sehingga memang harus kita usut siapa yang melakukan upload dan siapa yang pertama kali melakukannya (menyebarkan) di media-media. Ini pertama kali di media sosial dan kemudian menyebar," ucapnya. (hrs)

Reporter/Penulis : Haris Dwi


Bagikan artikel ini