Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti (Andhi Dwi/Ngopibareng.id)
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti (Andhi Dwi/Ngopibareng.id)

Sempat Dihentikan, Pemkot Surabaya Bakal Gelar Pentas Seni Lagi

Ngopibareng.id Surabaya 26 August 2020 16:43 WIB

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana kembali menggelar pentas seni tradisional. Sebelumnya, acara yang sama bubar setelah digelar dua malam. Selain tak mengantongi izin keramaian, pentas seni yang bertempat di Alun-alun Suroboyo menjadi pusat kerumunan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Antiek Sugiharti mengatakan jika dirinya sedang mematangkan rencana pentas seni tradisional itu.

“Jadi kami memang masih mengupayakan bagaimana para seniman itu tetap bisa berkarya, tetap bisa berekspresi,” kata Antiek, saat ditemui di Balai Kota Surabaya, Rabu, 26 Agustus 2020.

Antiek mengungkapkan bahwa Pemkot Surabaya kini tengah mendiskusikan perihal konsep acara. Sehingga nantinya tidak kembali menuai kritik dari sejumlah pakar. “Kami mencari pola bagaimana konsepnya, sedang kami diskusikan. Masih dibahas tempatnya, belum dipastikan di mana akan digelar,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan bahwa dirinya telah merapatkan hal tersebut, dengan berbagai pihak terkait.  “Tadi kami sudah meminta pendapat ya, dari Disbudpar, pakar kesehatan masyarakat dari Persakmi (Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia),” kata Irvan.

Meski demikian, Irvan mengungkapkan masih akan meminta pendapat dari pihak lain guna memastikan konsep teknis yang akan digunakan dalam pagelaran seni tersebut. “Mengacu dari pengalaman kemarin, maka atas saran Sekertaris Gugus Tugas, Bapak Hendro Gunawan, maka dapat menampilkan pentas seni dengan format lain,” tutupnya.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Jan 2021 07:47 WIB

Penemuan Kuwat

Dahlan Iskan

Penemuan ITB dan UGM terkait Covid-19 membanggakan kita semua.

20 Jan 2021 07:45 WIB

Siaga Bencana Penting Cegah Penularan Covid-19 di Pengungsian

Nasional

Satgas Covid-19 mengingatkana pentingnya kesiagaan bencana di pengungsian.

20 Jan 2021 07:21 WIB

Tentara Wajib Berambut Cepak, Ternyata Ini Alasannya

Humor Sufi

Humor Politik, dunia tentara di masa pandemi Covid-19

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...