Sempat Ikut Aksi di Bawaslu RI, Begini Kondisi Kiai Jatim

22 May 2019 18:01 Politik

Cucu salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Wahab Hasbullah yaitu KH Solachul Aam Wahib Wahab atau Gus Aam sempat mengikuti aksi turun ke jalan di Bawaslu RI Jakarta 21-22 Mei 2019.

Hal itu pun dibenarkan oleh Sekjen Barisan Kiai dan Santri Nahdliyyin (BKSN), Abdul Razaq. Ia mengatakan Gus Aam sempat mengikuti aksi tersebut dengan damai bersama sejumlah kiai Jatim lainnya

"Sempat turun ke Bawaslu semalam bersama kiai kultural NU Jatim yang lain," kata Gus Rozaq, sapaan akrabnya, Rabu, 22 Mei 2019. 

Selama turun dalam aksi tersebut, Razaq mengatakan Gus Aam dan rombongan yang lain dalam keadaan aman dan tak terluka luka apapun.

Razaq juga mengatakan saat kerusuhan terjadi, Gus Aam dan para kiai juga tak terlibat. Mereka mengaku telah kembali ke penginapan, dan membubarkan diri, sebelum bentrokan membesar.

"Gus Aam aman-aman aja insyaallah. Ini menginap di hotel, tidak ada teror," kata dia.

Sedangkan untuk massa BKSN yang lain, Rozak mengatakan, sementara ini mereka menggunakan masjid untuk tempat menginap sementara.

"Teman-teman banyak yang menginap di masjid. Masjid Cut Meutia itu full sampai halamannya dipakai orang," ucapnya.

Kendati demikian Rozaq mengatakan, ia juga turut prihatin atas meninggalnya sejumlah orang akibat bentrokan tersebut. Pihaknya mengaku berduka yang sedalam-dalamnya.

"Kami juga prihatin dengan adanya enam korban yang sampai meninggal dunia," pungkas Rozaq. (frd)

Reporter/Penulis : Farid Rahman
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini