Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)
Gunung Semeru. (Foto: Istimewa)

Semeru Waspada, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Ngopibareng.id Jawa Timur 17 January 2021 16:44 WIB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengingatkan masyarakat Lumajang di sekitar Gunung Semeru untuk waspada terkait ancaman munculnya erupsi susulan yang disampaikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pasca erupsi yang terjadi Sabtu, 16 Januari 2021 petang.

Khususnya terhadap warga yang tinggal berjarak satu kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru yang bisa terdampak parah kemungkinan munculnya lahar dingin maupun abu semburan gunung.

"Kami juga meminta warga tidak panik, namun tetap waspada terhadap awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai atau lembah yang berhulu di puncak Gunung Semeru. Warga juga harus waspada jika terjadi gejala erupsi susulan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Yanuar Rachmadi.

Ia juga meminta masyarakat agar sementara waktu tidak melakukan aktivitas di jarak tersebut karena akan terdampak material awal panas yang muncul. Serta, ancaman juga potensi luncuran di sepanjang lembah jalur awan panas Besuk Kobokan. 

"Ancaman lahar di alur sungai atau lembah yang berhulu di Gunung Semeru juga perlu diwaspadai. Ini mengingat banyaknya material vulkanik yang sudah terbentuk," tambahnya.

Tak sekadar imbauan, Yanuar mengatakan, telah dilakukan koordinasi dengan PVMBG kemudian pengelola Wisata Gunung Semeru, dan aparat keamanan untuk menutup jalur pendakian.

“Kita ikuti arahan dari PVMBG karena diprediksi terjadi peningkatakn aktivitas Gunung Semeru. Sampai kapan? Kita tunggu update status lanjutan yang dikeluarkan oleh PVMBG,” kata Yanuar.

Pria yang juga Kepala Biro Umum Setdaprov Jatim itu menyampaikan, saat ini telah dikirimkan beberapa unit bantuan ke Lumajang yang terdiri dari bantuan pemenuhan gizi, lalu peralatan tenda pengungsian, serta peralatan evakuasi.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Mar 2021 01:00 WIB

Sunggyu INFINITE Putus Kontrak dengan Woollim Entertainment

ngopiK-pop

Kontrak Sunggyu INFINITE dengan agensi berakhir 6 Maret.

02 Mar 2021 00:43 WIB

Glenca Chysara "Elsa Ikatan Cinta" Rekaman Lagu Tanpa Batas

Musik

Glenca Chysara rekaman soundtrack sinetron Ikatan Cinta.

02 Mar 2021 00:28 WIB

Pemeran Elsa di Sinetron Ikatan Cinta Pamit dari Instagram

Gosip Artis

Untuk sementara akun Instagram pemeran Elsa itu dipegang manajemen.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...