Wakil Sekertaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto (Foto: Andhi Dwi/Ngopibareng.id)

Petugas KPU dan Bawaslu Kota Surabaya Sudah Dites Swab

Surabaya 12 September 2020 22:48 WIB

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya lakukan tes swab kepada seluruh pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) selama tiga hari.

Wakil Sekertaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya Irvan Widyanto mengatakan tes swab tersebut berlangsung mulai Kamis, 10  September 2020 hingga hari ini, Sabtu, 12 September 2020.

"Kita selama tiga hari melakukan swab test kepada 45 pegawai KPU dan 12 pegawai Bawaslu Surabaya. Termasuk juga OB (office Boy)-nya," kata Irvan, ketika ditemui di kantornya.

Irvan enggan membuka data hasil tes swab yang telah dilakukan Pemkot Surabaya tersebut. Sebab, pihak KPU sendiri yang bakal membuka hasil.

"Nanti KPU dan Bawaslu yang menyampaikan. Ini demi keselamatan bersama dan juga kita harus menghargai privasi KPU dan Bawaslu. Kita juga bersama KPU dan Bawaslu sedang menyusun sistem," katanya.

Tes swab itu, kata Irvan, merupakan agenda Pemkot Surabaya untuk membantu agar Pilwali 2020 ini bisa terlaksana. Yakni dengan mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19 saat pemilihan berlangsung.

"Mereka ini penyelenggara Pilkada. Kita membantu mereka mengatisipasi dari resiko karena the show must go on," katanya.

“kita mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan mereka. Jadi harus jalan terus dan juga kasian kalau kemudian istilahnya nanti jadwal Pilkada bisa tersendat," kata Irvan.

Kata Irvan, Pemkot Surabaya juga membantu dengan melakukan sterilisasi di luar Kantor KPU. Sedangkan untuk bagian dalamnya, pihak internal menggelarnya sendiri.

“KPU ini sudah menerapkan protokol kesehatan dan KPU dan Bawaslu. Mereka juga sudah membentuk satgas mandiri untuk penerapan protokol kesehatan. Termasuk menerapkan disinfeksi di ruangan kantor KPU itu,” katanya.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Sep 2020 02:45 WIB

Nyai Nur Ismah, di Antara Perempuan-Perempuan Penjaga Al-Quran

Khazanah

Putri ulama lengedaris KH Abdullah Salam dari Kajen Pati

22 Sep 2020 00:59 WIB

MAMA 2020 Digelar Virtual 6 Desember

ngopiK-pop

MAMA 2020 digelar virtual di Korea Selatan.

22 Sep 2020 00:40 WIB

Gedung Baru Agensi BTS Mewah

ngopiK-pop

Gedung baru Big Hit Entertainment, agensi BTS, mewah.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...