Seleksi SKB CPNS Pemprov Jatim Diwarnai Peserta Terlambat

06 Dec 2018 21:45 Surabaya

Pelaksanaan tes CPNS di Kantor Regional II Badan Kepegawaian Nasional (BKN) di Sidoarjo, Kamis 6 Desember 2018 masih terjadi peserta terlambat dan salah lokasi. 

Sama seperti Tes Kompetensi Dasar (TKD), sebelum mengerjakan soal ujian berbasis Computer Assisted Tes (CAT) seluruh peserta harus melakukan registrasi. 

Meski sudah diminta datang tepat waktu, masih saja ada sejumlah peserta yang datang terlambat. Tapi akhirnya panitia tetap mengizinkan masuk.

“Kalau sesuai SOP, seharusnya tidak bisa registrasi. Tapi masih ditoleransi karena baru beberapa menit,” kata Hariyanto, Koordinator Titik Lokasi Kanreg II BKN.

Selain menoleransi, petugas juga dispensasi bagi peserta tes yang sedang hamil. Mereka dibolehkan mengikuti tes di ruang CAT I yang ada di lantai dasar meski seharusnya di ruang lain yang ada di lantai dua.

Dengan sistem CAT ini, maka peserta bisa langsung mengetahui hasil ujiannya. Tetapi meski hasil CAT tinggi bukan berarti langsung lolos diterima jadi CPNS.

"Nilai akhir akan diakumulasikan dengan nilai SKD lalu. Tapi keputusan ada di Panselnas," katanya.

Apalagi ada beberapa instansi maupun kementerian yang menambahi dengan Tes psikologi dan wawancara, sebagai bagian dari SKB.

"Tidak semuanya wajib melaksanakan psikotes atau wawancara, diserahkan kepada kebutuhan masing-masing instansi," ujarnya.

Sementara itu, dari 4.078 orang terdiri dari peserta yang lolos passing grade dan tes SKD. Jumlahnya 2.467 orang. Sedangkan peserta sesuai dengan Permen PAN-RB nomor 61/2018 sebanyak 1.611 orang.

Permen tersebut mengatur tentang peserta yang lolos SKD tapi tidak lulus passing grade.

Sementara itu, Kasubid Perencanaan dan Informasi Badan Kepegawaian Daerah Jatim Danar Andrianto, Pemprov Jatim tidak menjadwalkan tes wawancara dan tes psikologi. Alasannya anggaran terlalu besar.

“Selain itu, Kami juga dikejar waktu terkait administrasi. Pusat meminta per 1 Januari 2019 nanti sudah tuntas semua prosesnya, termasuk pemberian NIP,” pungkasnya.

Pelaksanaan tes simulator 6-9 Desember 2018. Tahun ini, Pemprov Jatim membuka lowongan sebanyak 2.065 formasi yang tersebar di berbagai dinas dan badan. (frd)

Reporter/Penulis : F Rahman
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini