Striker Barcelona, Lionel Messi mengenakan jersey Maradona ketika melakoni debut untuk Newell's pada 7 Oktober 1993 saat melawan Emelec. (Foto: Twitter @FCBarcelona)
Striker Barcelona, Lionel Messi mengenakan jersey Maradona ketika melakoni debut untuk Newell's pada 7 Oktober 1993 saat melawan Emelec. (Foto: Twitter @FCBarcelona)

Selebrasi Messi Kenang Maradona Didenda Rp50,5 Juta

Ngopibareng.id Liga Spanyol 30 November 2020 12:25 WIB

Barcelona meraih hasil positif di pekan ke-10 Liga Spanyol 2020-2021 di Camp Nou, Minggu 29 November 2020 malam WIB. Blaugrana, julukan Barcelona, sukses menumbangkan Osasuna dengan skor telak empat gol tanpa balas.

Gol-gol Barcelona dibuat oleh Martin Braithwaite, Antoine Griezmann, dan Philippe Coutinho. Messi menjadi pencetak gol keempat Barcelona di menit ke-73. Penyerang Barcelona itu langsung melakukan selebrasi emosional sebagai tribut untuk mendiang Diego Maradona. Hal itu dilakukan Messi usai mencetak gol ke gawang Osasuna.

Messi melakukan selebrasi dengan melepas jersey Barcelona. Ia ternyata sudah mengenakan jersey Newell's Old Boys dengan nomor punggung 10 yang pernah dipakai Maradona.

Seragam yang dipakai Messi merupakan kaus yang digunakan Maradona ketika melakoni debut untuk Newell's pada 7 Oktober 1993 saat melawan Emelec.

Ketika itu Messi masih 6 tahun dan hanya menyaksikan penampilan Maradona untuk Newell's dari tribune penonton bersama ayahnya Jorge Messi. Messi tidak saja menggunakan kaus Newell's tetapi juga menirukan gaya legenda sepak bola dunia itu dengan mencium telapak tangannya lalu mengangkat kedua tangannya ke atas.

Messi dan Maradona memang sama-sama pernah membela Newell's Old Boy. Sebelum gabung dengan La Masia, Messi bermain di tim muda Newell's Old Boy. Sementara, Maradona merupakan pemain Newell's Old Boy pada tahun 1993 silam.

Namun, selebrasi Messi itu membuat Barcelona harus menanggung kerugian. Selebrasi itu ianggap melanggar Pasal 91 Kode Disiplin RFEF tentang selebrasi. La Pulga, julukan Messi, mendapat kartu kuning dari wasit Mateu Lahoz dan Barcelona akan dijatuhi denda 3 ribu euro atau setara Rp50,5 juta.

Sanksi tersebut tidak saja mengikat di Liga Spanyol, tetapi juga berlaku di kompetisi resmi di seluruh dunia karena mengacu pada ketentuan FIFA. Denda akibat ulah Messi itu akan jadi beban lain bagi Barcelona yang saat ini tengah mengalami krisis keuangan akibat pandemi virus corona.

Maradona memang pernah membela Barcelona. Di tahun 1982 hingga 1984, Maradona bermain untuk Blaugrana. Tak mengejutkan jika laga kontra Osasuna, Barcelona juga memberikan penghormatan untuk Maradona. Jersey Barcelona bernomor punggung 10 ditaruh di tribune khusus. Sementara, para pemain masuk ke lapangan menggunakan jersi bertuliskan 10 Maradona.

Diego Maradona meninggal dunia, Rabu 25 November 2020 malam WIB di Buenos Aires akibat henti jantung. Legenda sepak bola Argentina itu wafat di usia 60 tahun. Jasad Maradona dimakamkan di kawasan Bella Vista Cemetery, di luar Kota Buenos Aires. Sang Legenda dikebumikan di sebelah kedua orang tuanya, Don Diego dan Dona Tota.

Sebelum dimakamkan, El Pibe de Oro disemayamkan di Istana Kepresidenan, Casa Rosada. Puluhan ribu berbondong-bondong berikan penghormatan terakhir. Sebagian dari mereka datang dari luar kota.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Jan 2021 18:05 WIB

Penerima Vaksin Pertama di India Malah Petugas Kebersihan

Internasional

Politisi dianggap bukan kelompok garda depan dalam menghadapi Corona.

16 Jan 2021 17:22 WIB

Pak Tjuk Sukiadi Telah Meninggalkan Kita Semua

Tokoh

Telah meninggal dunia hari ini Tjuk Kasturi Sukiadi.

16 Jan 2021 17:20 WIB

Mayat Pria Mengambang di Bawah Jembatan Suramadu

Surabaya

Belum diketahui identitasnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...