Yahoo hari Selasa 17 Juli kemarin secara resmi menutup  Yahoo Messenger. (ilustrasi: ngobar)
Yahoo hari Selasa 17 Juli kemarin secara resmi menutup Yahoo Messenger. (ilustrasi: ngobar)

Selamat Tinggal YM

Ngopibareng.id Teknologi dan Inovasi 18 July 2018 13:31 WIB

Yahoo hari Selasa 17 Juli kemarin secara resmi menutup layanan mengobrol yang sudah ada sejak 20 tahun yang lalu, Yahoo Messenger atau YM. 

Meski pun begitu, layanan Messenger pagi ini masih dapat diakses di Indonesia, salah satunya melalui aplikasi di perangkat Android.

Kabar YM, begitu aplikasi ini biasa disebut penggunanya, ditutup menjadi pembicaraan dunia maya, namun, pantauan hingga siang ini di Twitter, tidak menjadi topik utama di Indonesia maupun dunia. India pun demikian, penutupan YM belum menjadi trending topik di sana.

Bagi mereka yang memiliki komputer atau laptop serta sambungan internet di atas tahun 2010, Yahoo Messenger sangat membantu untuk mengobrol tanpa khawatir terpotong pulsa.

Saat Yahoo Messenger masuk Indonesia, penggunaan ponsel pintar dan internet belum sebesar sekarang sehingga penggunanya lebih banyak mengakses melalui komputer.

Yahoo Messenger kemudian harus menghadapi era media sosial, meski pun tidak menawarkan percakapan jalur pribadi, tetap menjadi alternatif untuk berkomunikasi. Warganet bisa mengobrol melalui Twitter misalnya, dengan konsekuensi dilihat para pengikut atau melalui Direct Message jika ingin lebih privat.

Tapi, para pembuat media sosial tidak berhenti, mereka terus berinovasi agar platform mereka menawarkan sesuatu yang berbeda, seperti Facebook yang memiliki fitur chat sejak awal mereka populer di Indonesia sekitar 2008 lalu.

Perkembangan teknologi semakin pesat, pengguna pun beralih ke berbagai aplikasi pesan yang ditawarkan saat ini mulai dari WhatsApp sampai Telegram. Fitur chat perorangan pun kini tak hanya menjadi hak istimewa Yahoo Messenger, media sosial menawarkan fitur percakapan dengan pengalaman yang kurang lebih sama.

Masyarakat di dunia  tidak pernah lagi mengakses Yahoo Messenger setelah mereka aktif menggunakan aplikasi berbagi pesan yang lazim digunakan saat ini. 

Yahoo memastikan ID pengguna masih dapat digunakan untuk membuka produk lainnya, seperti Mail, setelah Messenger ditutup.

Ini berita sedih, tetapi perkembangan IT meninscayakan terus terjadinya perubahan. (an/afp)
 

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Mar 2021 08:26 WIB

Taj Mahal Ditutup Sementara, Akibat Ancaman Bom

Internasional

Pengunjung pun sempat panik

05 Mar 2021 22:14 WIB

Hari Raya Nyepi, TNBTS Tutup Kawasan Wisata Gunung Bromo

Warta Bumi

Ditutup hingga 15 Maret 2021.

27 Feb 2021 21:25 WIB

Longsor di Payung Batu, Jalur Malang-Kediri Tutup Total

Jawa Timur

Longsor terjadi pada Sabtu petang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...