Akankah Ahmad Dhani Langsung Ditahan Kejari Surabaya?

17 Jan 2019 14:46 Kriminalitas

Ahmad Dhani Prasetyo hari ini diserahkan Polda Jatim ke Kejaksaan Negeri Surabaya. Dengan penyerahan Ahmad Dhani sebagai tersangka beserta barang buktinya, ini berarti kewajiban Polda Jawa Timur dalam mengusut kasus pencemaran nama baik dengan tersangka Ahmad Dhani telah tuntas.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur, Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, bahwa proses penyerahan barang bukti beserta tersangka Ahmad Dhani Prasetyo ke Kejaksaan Negeri Surabaya, sudah sesuai jadwal yang dibuat polisi.

"Ini sudah terpenuhi permintaan jaksa penuntut umum untuk menyerahkan barang bukti sekaligus tersangka," kata Frans kepada wartawan di Markas Polda Jawa Timur.

Apakah Ahmad Dhani akan langsung ditahan? Kata Frans, itu sudah menjadi wewenang dari pihak Kejaksaan Negeri Surabaya.

Karena untuk melakukan penahanan tersangkat atau tidak, ada pertimbangan obyektif dan subyektif yang harus dipertimbangkan aparat. Pertimbangan subyektif misalnya jika aparat menganggap yang bersangkutan dianggap kooperatif, barang bukti sudah disita semua dan tersangka tak akan mengulangi perbuatannya lagi. Maka, bisa tak dilakukan penahanan.

Sedangkan pertimbangan obyektif jika secara undang-undang memang tak bisa dilakukan penahanan selama proses berlangsung karena ancaman hukuman di bawah lima tahun.

Kata Frans, selama proses penyidikan di Polda Jatim, dia menilai Ahmad Dhani cukup kooperatif kepada aparat.

Soal kasus ini bermuatan politik, Frans Barung enggan menanggapi soal pernyataan Ahmad Dhani tersebut. "Ya nilai sendirilah nanti di pengadilan," kata Barung. (ocn)

Reporter/Penulis : Roesdan Suriansyah
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini