Masjid Agung Sultan Abdullah. (Foto: Istimewa)

Selalu Optimistis Menunggu Hari Esok, Ini Renungan Ulama Aktivis

Khazanah 04 August 2020 04:14 WIB

Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini. Demikian Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) berpesan kepada umat Islam.

Demikian itulah semangat optimisme yang dianjurkan Islam agar kita meletakkan harapan-harapan di masa depan.

Untuk memperjelas hal itu, berikut renungan KH Husein Muhammad, ulama Pengasuh Pesantren Dar-el Quran Arjawinangun Cirebon, yang dikenal sebagai kiai aktivis. Berikut pesannya:

Aku melihat hari ini pergulatan intelektualitas umat/bangsa ini merosot tajam. Ruang-ruang pembicaraan intelektual yang tenang, acap kosong dan tak diminati atau dihadiri tanpa gairah.

Bahkan, ada yang menyebutnya sebagai ruang omong kosong yang bertele-tele, tak praktis, tak menguntungkan dan tak membangkitkan harapan kenikmatan masa depan di sini maupun kelak di sana.

Sementara itu di sudut lain, aktivitas ritual formalistik tiap hari berlangsung di mana-mana. Ruang-ruang untuk menjalani ritual formalistik itu penuh sesak bahkan acap "membludak", tak menampung "jama'ah".

Mereka datang berombong-rombong dengan jiwa bergelora yang menggairahkan dan meledak-ledak. Mereka setia dan sanggup duduk berjam-jam mendengarkan petuah-petuah tentang harapan-harapan masa depan yang indah dan penuh hadiah sorga jika ritus-ritus itu dikerjakan terus menerus dan berulang-ulang.

Kita sedang menunggu apa yang akan terjadi esok atau lusa pada bangsa ini.

Semoga baik-baik saja, maju ke depan dan sejahtera.
·
هذا العالم مليء بالأطفال ، انظر حولَك ، كل هؤلاء الأشُـخاص ما هم إلاَّ أطفال في حقيقة الأمر ، قَليلون هم الّذين نضجوا في هذا الْعالم ، قليلون هم من استطاعُوا ألاَّ يكونوا عبيدا لشهواتِـهم. (جلال الدين الرومي)

Dunia ini dipenuhi anak-anak. Lihatlah di sekitarmu. Mereka sejatinya adalah manusia-manusia kekanak-kanakan. Hanya sedikit yang tumbuh dewasa. Hanya sedikit saja orang yang tidak menjadi hamba dari hasrat-hasrat duniawi. (Maulana Rumi

Demikian KH Husein Muhammad, menyampaikan renungannya untuk kita bersama. Semoga bermanfaat. Amiin.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 23:45 WIB

Vinales Lepas dari Kutukan Pole Position

MotoGP

Vinales meraih pole position dan finis pertama.

20 Sep 2020 23:30 WIB

Bupati Aceh Barat Positif Covid-19, Istri dan Anaknya Negatif

Nasional

Hasil tes swab Bupati Aceh Barat positif Covid-19.

20 Sep 2020 23:15 WIB

Aubameyang Pemain Bergaji Termahal di Liga Inggris

Liga Inggris

Gaji Aubameyang termahal dibanding pemain di Liga Inggris lainnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...