Mujiaman Sukirno saat berbincang dengan warga. MAJU janjikan beasiswa hingga kuliah. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)
Mujiaman Sukirno saat berbincang dengan warga. MAJU janjikan beasiswa hingga kuliah. (Foto: Fariz Yarbo/Ngopibareng.id)

Selain Beasiswa Hingga Kuliah, MAJU Janji Sekolah Swasta Gratis

Ngopibareng.id Pilkada 24 October 2020 18:43 WIB

Calon Walikota Surabaya nomor urut dua, Machfud Arifin menjanjikan beasiswa pada seluruh siswa hingga kursi perguruan tinggi. Dalam pertemuannya dengan warga Sidoyoso Wetan, Simokerto, Surabaya pada Sabtu, 24 Oktober 2020, Machfud mengatakan siapapun harus kuliah, minimal S1.

"Pendidikan adalah hak setiap warga. Kami menyiapkan program beasiswa bagi seluruh anak Surabaya. Bukan hanya sampai jenjang SMA, tetapi sampai perguruan tinggi (PT), minimal S1," katanya.

Machfud juga mengatakan bahwa Kota Surabaya harus naik kelas. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan pendidikan. "Beasiswa untuk anak berprestasi. Diberikan dari jenjang SD sampai perguruan tinggi," kata dia.

Sementara itu, Calon Wakil Walikota, Mujiaman Sukirno yang sekaligus pasangan Machfud Arifin menyayangkan, Pemkot Surabaya hanya menggratiskan biaya pendidikan untuk jenjang SD dan SMP negeri saja, sedangkan mereka yang di sekolah swasta harus berjuang untuk membayar biaya sekolah yang cukup tinggi. Padahal, tak semua warga bisa membayar biaya tinggi yang membuat ada saja anak-anak yang harus putus sekolah.

"Kita pastikan orang Surabaya harus sekolah. Kalau diberi amanah kepada Machfud Arifin-Mujiaman, kita pastikan panjenengan sekolah negeri, swasta, agama dapat hak sama beasiswa dari Pemerintah Kota Surabaya," kata Mujiaman ketika melakukan sapa warga di Kampung Panjang Jiwo SDI, Surabaya, Sabtu 24 Oktober 2020 sore.

Ia mengatakan, ada dua skema beasiswa yang akan diberikan. Yakni beasiswa 70 persen untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 30 persen untuk siswa berpretasi.

Menurutnya, pendidikan ini adalah hak dari semua anak-anak yang itu kemudian harus mendapat perhatian dari pemerintah agar semua bisa merdeka dalam belajar.

"APBD sudah kita hitung bener kita punya kekuatan APBD dan itu bisa. Sebenarnya tinggal nek gelem akeh carane nek gak gelem akeh alasane," kata mantan Dirut PDAM Surya Sembada itu.

Tak hanya itu, Mujiaman mengaku, bersama dengan Machfud Arifin telah menyiapkan program berupa pemberian 2.500 beasiswa untuk perguruan tinggi. Harapannya, akan muncul anak-anak Surabaya yang cerdas dan dapat memajukan bangsa Indonesia lebih baik.

Penulis : Fariz Yarbo

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 23:49 WIB

Surat Ajakan Pilih Er-Ji, Dewan: Risma Sangat Culas

Pilkada

Surat tersebut dianggap sebagai kepanikan Risma.

01 Dec 2020 23:30 WIB

KPK Telusuri Dugaan Aliran Dana Kasus Edhy Prabowo ke Ngabalin

Korupsi

KPK menjelaskan posisi Ngabalin dalam kasus Edhy Prabowo.

01 Dec 2020 23:15 WIB

Soal Dobel Data, Ganjar Sudah Telpon Menkes dan Satgas

Nusantara

Ganjar minta satgas dan menkes segera perbaiki dobel data covid-19.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...