Penghargaan internasional untuk kategori Excellence Ecology Training Centre Award dari Scuba School Internasional (SSI) Indonesia. (Foto: Lalu Theo/Ngopibareng.id)

Sekolah Penyelaman Perikanan UB Raih Prestasi di Bidang Ekologi

Pojok Unibraw 10 March 2020 17:35 WIB

Sekolah Penyelaman Perikanan atau Fisheries Diving School milik Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB), meraih penghargaan internasional untuk kategori Excellence Ecology Training Centre Award dari Scuba School Internasional (SSI) Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Fisheries Diving School FPIK UB, atas sumbangsihnya dalam pengembangan kompetensi akademik di bidang ekologi laut.

Kompetensi pengembangan di bidang ekologi laut tersebut dilakukan oleh Fisheries Diving School FPIK UB dengan memberikan pelatihan seperti, Marine Ecology, Shark Ecology, Sea Turtle Ecology, Wave, Tides, and Currents.

Pelatihan tersebut diberikan oleh Fisheries Diving School FPIK UB kepada para akademisi, peneliti, birokrat, dan juga masyarakat nelayan untuk mengidentifikasi kondisi ekosistem di sebuah wilayah.

Sekretaris Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) FPIK UB, Citra Satrya Utama Dewi mengatakan, Fisheries Diving School mampu memberikan sumbangsih yang lebih baik lagi dalam dunia selam.

"Prestasi ini bukanlah akhir dari pencapaian sekolah selam, namun ini adalah bench mark untuk menentukan langkah FDS FPIK UB kedepan, yaitu menciptakan insan cendekia dengan ketrampilan selam yang berkualitas," tuturnya, dalam rilis yang diterima Ngopibareng.id pada Selasa 10 Maret 2020.

Citra juga menyampaikan selain memberikan pelatihan, Fisheries Diving School FPIK UB juga berperan aktif dalam kegiatan masyarakat di bidang kelautan dan seni. Seperti mengadakan Festival Bangsring Underwater yang merupakan monitoring aktivitas ikan nemo selama 48 jam.

Kelak, Fisheries Diving School FPIK UB, akan memberikan sertifikat kepada masiswa FPIK UB sebagai bukti mereka sudah mendapatkan keterampilan dari sekolah penyelaman.

"Melalui mata kuliah wajib yaitu renang, widya selam, dan observasi bawah air. Melalui tiga mata kuliah tersebut, setelah lulus tidak hanya membawa ijazah saja, tapi juga mempunyai skill yang tersertifikasi," terangnya.

Penghargaan yang diterima oleh Fisheries Diving School FPIK UB akan diserahkan pada 4 April 2020 dalam acara Deep and Extream Indonesia.

Fisheries Diving School FPIK UB sendiri didirikan mulai 2017 lalu. Sekolah ini didirikan untuk mencetak sarjana dari FPIK UB yang terampil dalam dunia penyelaman.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 19:15 WIB

Malaysia Sumbang Rp3 Miliar untuk Ledakan Beirut

Internasional

Sumbangan sebagai bentuk dukungan pada warga Lebanon.

08 Aug 2020 18:49 WIB

KPK Buka Lowongan untuk Jadi Juru Bicara

Nasional

Terbuka untuk ASN maupun non ASN.

08 Aug 2020 18:45 WIB

Kereta Wijayakusuma Rute Banyuwangi-Cilacap Beri Diskon 75 Persen

Perhubungan

Promo berlaku untuk keberangkatan 6 hingga 31 Agustus 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...