Sekjen: REI Siapkan Terobosan Pengadaan Rumah Sederhana

25 Oct 2018 17:32 FIABCI SUMMIT

FIABCI Global Business Summit dan Rapat Kerja Nasional Dewan Pimpinan Pusat Real Estate Indonesia (DPP REI) digelar di Bali, 4-8 Desember 2018 mendatang. Para pengembang sedang menyiapkan terobosan membantu pemerintah dalam pengadaan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Mayoritas anggota REI adalah pengembang rumah sederhana bersubsidi atau rumah untuk MBR. Karena itu, masalah ini akan menjadi perhatian khusus dalam Rakernas di Bali," kata Sekretaris Jenderal DPP REI Totok Lucida.

Dalam rangkaian FIABCI Global Summit, DPP REI juga menggelar rakernas. Dalam kegiatan tahunan ini, dibahas berbagai masalah dan program setahun ke depan. Sesuai dengan tema besar FIABCI Global Summit, dalam rakernas juga dibahas persoalan rumah sederhana (affordable housing).

Menurut Totok, pembahasan masalah rumah sederhana sepenuhnya akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR). "Keterlibatan Kementerian PUPR sangat penting karena menyangkut regulasi dan patokan harga baru rumah MBR tahun 2019," tuturnya.

Tidak hanya itu. Selama penyelenggaraan FIABCI Summit dan Rakernas REI di Bali juga klinik khusus untuk para anggota REI yang bergerak di pengadaan rumah sederhana. Klinik ini akan dipimpin langsung Dirjen Pengadaan dan Pembiayaan Kementerian PUPR.

Menurut pengusaha real estate asal Surabaya ini, saat ini total anggota REI di seluruh Indonesia ada 5.600. Dari jumlah tersebut, 4.600 anggota menggarap pengadaan rumah MBR.

"Karena itulah, DPP REI ingin membantu para anggota dalam hal ini. Berbagai terobosan kami siapkan sebagai dukungan REI terhadap program pemerintah dalam memenuhi target pengadaan rumah rakyat," tambahnya.

Selain menjadi bahasan khusus di Rakernas REI, rumah sederhana juga menjadi bahasan utama dalam FIABCI Global Summit. Para pengembang dunia tertarik dengan model pengadaan rumah rakyat di Indonesia yang melibatkan kalangan swasta.

FIABCI (Federation Internationale des Administrateurs de Bien- Conselis Immobiliers) adalah Federasi Real Estate International. FIABCI didirikan di Paris 73 tahun lalu. Kini, federasi pengembang seluruh dunia itu telah beranggotakan 72 Negara. (*)

Reporter/Penulis : Arif Afandi
Editor : Azhari


Bagikan artikel ini