Sekjen PBNU H A. Helmy Faishal Zaini (memegang rebana) saat bertemu jamaah Masjid Al-Ikhlas Kabukicho, Shinjuku, Tokyo. (Foto: Istimewa)

Sekjen PBNU Kunjungi Masjid di Pusat Hiburan Malam Jepang

Khazanah 19 January 2020 02:44 WIB

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H A. Helmy Faishal Zaini mengunjungi Masjid Al-Ikhlas Kabukicho, Shinjuku, Tokyo, Jepang, Sabtu, 18 Januari 2020 malam. Ia bersilaturahim dengan jamaah masjid itu yang kebetulan dikelola warga NU.

“Lilin kecil yang menerangi kegelapan. Seperti itulah keberadaan Masjid Kabukicho ini di tengah pusat hiburan malam," tutur Helmy di Masjid Al Ikhlas Kabukicho Shinjuku Tokyo, Jepang, seperti dikutip dari nu.or.id.

Helmy mengatakan, pihaknya mengira lokasi masjid Kabukicho hanya dongeng. Ternyata betul-betul berada di lokasi pusat hiburan malam di kota besar Jepang.

“Semoga jerih payah pengurus dan jamaah memakmurkan masjid mendapat pahala dunia dan akhirat. Kalian inilah cahaya lilin yang menyinari kehidupan sekitar sehingga bermanfaat bagi sesama," katanya.

Sementara Ketua DKM Masjid Al Ikhlas Kabukicho Ustadz Arif menerangkan selain shalat wajib sehari-hari, di masjid terdiri tiga tingkat ini juga digunakan untuk melaksanakan shalat Jumat. Masjid ini mampu memuat 45 jamaah, dimana setiap lantai kurang lebih 15 orang.

“Jadwal Shalat Jumat dilaksanakan pukul setengah dua, paling akhir di Tokyo," jelas Arif.

Ia menceritakan dulu bangunan berukuran 4x3 setiap lantainya tempat judi, namun takdir Allah SWT sekarang jadi masjid. Setiap malam selalu ada kegiatan karena ada grup hadrah.

“Untuk jadwal shalawat setiap Sabtu malam Minggu saat teman-teman keesokannya libur baik yang kerja maupun yang mahasiswa," kata kandidat doktor bidang animasi ini.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Jul 2020 15:55 WIB

Jokowi Minta Capaja TNI-Polri Melek Teknologi

Nasional

Dunia berubah dengan cepat ditandai dengan disrupsi teknologi yang telah

08 Jul 2020 15:37 WIB

Karyawan Terindikasi Covid, BRI Kota Malang Buka Seperti Biasa

Jawa Timur

Sekitar 70 persen karyawannya menjalani kerja di rumah

08 Jul 2020 15:24 WIB

Rapid Test Peserta UTBK Ditukar Mendadak, Ini Penjelasan Unair

Pendidikan

Unair mengaku hasil rapid test berubah setelah 30 menit.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...