Ilustrasi suasana mudik di Stasiun Gubeng Surabaya, (Foto: Haris/ngopibareng)

Kemenhub Klaim, Ada Penurunan Jumlah Kendaraan di Jalan Saat Mudik Tahun Ini

13 Jun 2018 13:32

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono menilai peningkatan arus mudik pada tahun mengalami peningkatan sebanyak 5 persen. Peningkatan itu, dilihat Djoko dari semua moda transportasi yang dipilih oleh masyarakat. Mulai dari kapal, kereta api, bus, kapal laut maupun kendaraan pribadi.

Namun, dalam peningkatan itu, Djoko melihat ada penurunan kendaraan saat arus mudik ini. Terutama di jalan raya. Menurutnya, penurunan volume kendaraan di jalan raya diakibatkan banyaknya angkutan lebaran yang gratis, serta pemudik juga mulai cerdas dalam hal memilih akomodasi mudik.

"Masyarakat juga cerdas bisa memilih mudiknya, ini terlihat dari peningkatan secara totalnya untuk angkutan sekitar 5 persen, penerbangan dan kereta naik, jalan raya dan laut turun. Paling banyak pemudik menggunakan jalur penerbangan," kata Djoko saat melakukan kunjungan kerja di Surabaya.

Dalam hal ini Djoko juga menyebut masyarakat tahun ini sudah mulai peduli dengan keselamatan mereka saat mudik. Selain memilih naik transportasi mudik gratis, pemudik tahun ini juga mulai memanfaatkan angkutan umum supaya lebih aman dan nyaman sehingga kepadatan di jalan raya semakin bisa teratasi.

"Arus mudik tahun ini peningkatan secara total cukup ada peningkatan, menariknya walaupun meningkat, masyarakat juga cerdas bisa memilih mudiknya dan tidak terjadi lonjakan yang ekstrim, kita terus waspada mengamati ini. Diharapkan kalau ada lonjakan masih dalam kendali petugas," ujarnya.

Seperti diketahui, saat ini lebaran sudah memasuki H-2, dan diprediksi puncak arus mudik terjadi hari ini baik di kapal, kereta api, pesawat, bus maupun kendaraan pribadi. Oleh sebab itu, Djoko mengatakan pihaknya siap mengamankan mudik hingga balik. (hrs)