Sekda Yuhronur Cinta Wisata Desa Lamongan

08 Dec 2018 15:59 Pemerintahan

Tumbuhnya pariwisata pedesaan di Kabupaten Lamongan mendapat perhatian penuh Sekretaris Daerah (Sekda) Lamongan Yuhronur Efendi. Obyek pariwisata yang pengelolaannya ditangani Pemerintah Desa (Pemdes) itu semakin memperkaya destinasi wisata di kota soto ini.

"Kebangkitan kemandirian desa dengan pengelolaan aset wisata yang dimiliki terus di respon oleh Pemkab, " kata Yuhronur Efendi.

 

Sekda Lamongan Yuhronur Efendi nomer dua dari kanan saat berkunjung ke wisata pohon Trinil Foto Istimewangopibarengid
Sekda Lamongan, Yuhronur Efendi (nomer dua dari kanan) saat berkunjung ke wisata pohon Trinil (Foto: Istimewa/ngopibareng.id)

Aset wisata yang keberadaannya cukup menyedot kunjungan wisatawan selain memberikan kontribusi pada pemdes juga menggerakkan ekonomi warga dengan banyaknya pedagang kecil di area wisata.

Bukti besarnya perhatian dan kecintaan Sekda Yuhronur pada potensi wisata desa dirinya sering memanfaatkan waktu liburan mengunjungi obyek wisata desa bersama keluarga.

Seperti saat mengunjungi Wisata Pantai Kutang (WPK) di Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, bersama istri dan putra putrinya Yuhronur terlihat cukup menikmati betul suasana wisata pantai.

"Sudah ada empat atau lima kali Pak Sekda berkunjung ke WPK, datang seperti pengunjung lainnya. Tidak mau menunjukkan kalau Beliau pejabat," kata Kepala Desa Labuhan Afnan Efendi.

Bahkan Sekda Yuhronur dan keluarga tidak malu-malu saat beristirahat di salah satu kedai sederhana dan menyantap rujak berbaur dengan pengunjung lainnya.

Saat berkunjung ke wisata pedesaan Yuhronur selalu menyempatkan untuk mengambil gambar obyek wisata yang dianggap cantik dan menarik. Tujuannya?

"Kami ikut memviralkan potensi wisata di Lamongan melalui medsos," ujarnya lagi.

 

Beberapa obyek wisata pedesaan di Lamongan yang belakangan ini cukup populer diantaranya yaitu wisata sawah di Desa Besur, Kecamatan Sekaran, Wisata Pantai Kutang (WPK) di Desa Labuhan, Wisata Pohon Trinil (Pohon akar langit) di Desa Sendangharjo, wisata pegunungan kapur suru di Desa Lembor, ketiganya berada di Kecamatan Brondong. Obyek wisata tersebut telah berhasil dikembangkan oleh pemerintah desa menjadi wisata primadona di Kabupaten Lamongan.(tok)

Penulis : Totok Martono
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini