Sejumlah Kecamatan di Surabaya Gelar Rekapitulasi Suara

19 Apr 2019 19:46 Surabaya

Proses perhitungan atau rekapitulasi suara di Surabaya, tingkat kecamatan sudah dimulai sejak hari ini, Jumat 19 April 2019. Beberapa kecamatan itu seperti, Kecamatan Dukuh Pakis, Asemrowo, Gayungan dan sejumlah kecamatan lain.

"Dari 31 kecamatan ini yang sudah kita himpun serentak hari ini, tahapannya kan mulai tanggal 18 April-4 mei," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan, M Gufron, saat dikonfirmasi.

Kendati demikian, kata Gufron ada pula beberapa kecamatan yang belum sanggup untuk memulai rekapituliasi hari ini. Hal itu lantaran kondisi fisik PPK yang kelelahan usai pemungutan dan perhitungan suara, secara berurutan.

"Yang penting bagi kami range waktu yang diberikan bisa tercukupi untuk teman-teman di kecamatan," ujarnya.

Pihaknya kini, kata Gufron terus menunggu konfirmasi beberapa para panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang belum menyatakan kesanggupannya melakukan rekapitulasi, pada hari ini.

"Teman-teman ada yang melakukan penundaan sehari dari laporan yang sudah masuk ke saya, hampir semua, cuma ada beberapa kecamatan yang belum," katanya.

KPU Surabaya kata dia menargetkan rekapituliasi suara bisa lebih cepat dari batas waktu yang diberikan oleh KPU RI yakni 4 Mei. Rekapituliasi di tingkat Kota pun kata dia akan ditargetkan selesai pada Jumat 31 April mendatang.

"Tentu dengan waktu yang terbatas itu kami harapkan teman-teman di kecamatan bisa selesai dengan cepat supaya kami bisa punya waktu untuk mempersiapkan rekapitulasi di tingkat," pungkasmya.

Jadwal rekapitulasi suara di tingkat PPK dimulai pada 18 April-4 Mei 2019, rekapitulasi di KPU Surabaya pada 22 April-7 Mei, rekapitulasi di KPU Jatim pada 22 April-12 Mei dan tingkat KPU RI pada 25 April-22 Mei 2019.

Diketahui Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Surabaya sebanyak 2.131.756. Debgan rincian pemilih laki-laki berjumlah 1.090.234 pemilih dan perempuan berjumlah 1.090.234 pemilih yang tersebar di 31 Kecamatan, 154 Kelurahan, dan 8.146 TPS. (frd) 

Penulis : Farid Rahman
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini