Pasangan Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti atau Hendi-Ita, calon tunggal Pilkada Semarang 2020. (Foto: PDIP)
Pasangan Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti atau Hendi-Ita, calon tunggal Pilkada Semarang 2020. (Foto: PDIP)

Sejarah Baru, Pilwalkot Semarang Diikuti Calon Tunggal

Ngopibareng.id Pilkada 24 September 2020 01:00 WIB

Pasangan Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti atau Hendi-Ita resmi sebagai calon tunggal dalam Pilkada Kota Semarang, Jawa Tengah. Penetapan itu dilakukan KPU Semarang usai rapat pleno untuk Pilkada Kota Semarang, pada Rabu 23 September 2020.

"Hari ini dari rapat pleno, kami sepakat menetapkan resmi nama Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota perserta Pilwakot Semarang tahun 2020. Dari penetapan ini juga diputuskan bila pasangan ini menjadi Calon Tunggal," kata Ketua KPU Kota Semarang Henry Casandra Gultom usai acara penetapan di Hotel Patra Jasa, Semarang, dikutip dari Antara.

Untuk diketahui, ini adalah kali pertama pemilihan Walikota Semarang diikuti calon tunggal. Sebagai calon tunggal, maka Hendi-Ita akan melawan kotak kosong saat hari pencoblosan, pada 9 Desember mendatang.

"Terima kasih kalau memang ini menjadi sejarah di Kota Semarang. Bagi kami, ikut Pilkada adalah melayani masyarakat, dengan ditetapkan sebagai Calon Tunggal ini berarti kami diminta untuk lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Soal kotak kosong atau kolom kosong, itu ini memang realitas politik, jadi kalau memang masyarakat mencintai kami, harus tetap datang ke TPS menggunakan hak suaranya," ujar Hendrar yang juga petahana Wali Kota Semarang tersebut.

Pada acara penetapan oleh KPU, pasangan Hendi-Ita hanya mengajak perwakilan tiap partai politik yang mendukungnya, tanpa melibatkan massa atau relawan pendukung. Langkah ini diambil sebagai kepatuhan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Jan 2021 23:59 WIB

D.O EXO Selesaikan Wajib Militer 19 Bulan

ngopiK-pop

D.O EXO menjalani wajib militer 19 bulan.

26 Jan 2021 23:30 WIB

Adik Naik Kap Mobil Suaminya, Ini yang Dilakukan Bupati Minahasa

Human Interest

Geger Wakil Ketua DPRD Sulut vs istri, yang merupakan adik bupati.

26 Jan 2021 23:04 WIB

Banyuwangi Dapat Kiriman Vaksin 5.400 Dosis

Jawa Timur

Dosis vaksin ini merupakan kiriman tahap pertama dari Provinsi Jatim.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...