Se~Indonesia, Cara Pemuda Gelorakan Sumpah Pemuda

30 Oct 2018 10:38 Surabaya

Se~Indonesia, sebuah gelaran untuk memperingati 90 tahun Sumpah Pemuda, sukses digelar di 10 kota besar Indonesia, Bandung, Jakarta, Medan, Pekanbaru, Makassar, Palembang, Malang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya. Acara ini merupakan wadah bagi generasi muda bisa menyuarakan aspirasi mereka.

Di Surabaya, Se~Indonesia digelar Omah Jaman Now bersama We The Youth, Panggon dan X-Gate pada Minggu 28 Oktober 2018 kemarin. Dimulai sejak pukul 14.00 hingga pukul 22.00 WIB, lebih dari 1.600 pemuda Surabaya hadir dan larut dalam sebuah pagelaran.

"Se~Indonesia turut menggandeng beberapa komunitas di Kota Surabaya sebagai ajang memperkenalkan komunitas agar mampu dikenal lebih luas karena tujuan dari tiap komunitas yang sangat positif," kata juru bicara Se~Indonesia Surabaya, Naufal Al Rahman dalam keterangan tertulis yang diterima ngopibareng, Selasa 30 Oktober 2018.

Acara utama Se~Indonesia adalah pada saat Conference Video Deklarasi Sumpah Pemuda yang dilakukan secara live bersama di 10 kota. Tepat pada pukul 16.00 WIB, conference call tersambung, Makassar menjadi kota pertama yang melakukan penyampaian aspirasinya diikuti oleh Surabaya.

"Aspirasi yang disampaikan oleh komunitas di Surabaya ialah sudah seharusnya anak muda memanfaatkan ruang kreatifitas yang sudah dibukakan dan difasilitasi oleh pemerintahan pusat terutama pemerintahan pak Jokowi," ujarnya.

Fasilitas dari pemerintah terutama ruang dan wadah untuk anak muda berkreatifitas dan berkarya bahkan secara kelembagaan juga sudah dibentuk Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF).

Harapan lain, kata Naufal, adalah agar makin banyak komunitas mau berkolaborasi agar menciptakan suasana berekspresi dan berkarya yang inklusif tak kalah dengan pemerintahan saat ini. 

Setelah pembacaan aspirasi dari setiap kota, acara dilanjutkan dengan pembacaan teks sumpah pemuda serta komitmen pemuda serta ditutup dengan menyanyikan Iagu Indonesia Raya. Selain itu, bentuk kegiatan lain di Se~Indonesia Surabaya ini adalah adanya dua sesi talkshow yakni sesi pertama bersama Panggon mengenai street art dan graffiti, sesi kedua bersama X-Gate membahas mengenai kehidupan para gamers serta sisi baik dari e-sport.

Se~Indonesia Surabaya mampu menyuguhkan acara dengan memiliki konsep yang kekinian dan sangat anak muda sehingga tidak sulit untuk menarik generasi muda Kota Surabaya untuk datang dalam peringatan 90 tahun Hari Sumpah Pemuda kemarin, acara Se~Indonesia Surabaya juga menyuguhkan live performance dari Layung Temaram dan juga Stars and Rabbit. 

Acara ini ditutup dengan penampilan dari Stars and Rabbit yang membuat Grand City Ballroom Lantai 4 menjadi ruang generasi muda untuk bernyanyi bersama, sang vokalis dari Stars and Rabbit mampu membakar semangat penonton yang mayoritas adalah generasi muda. Se~Indonesia Surabaya menjadi sebuah acara yang berhasil menyatukan beberapa elemen di dalamnya yakni musik, talkshow dan workshop komunitas. (man)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini