Wapres Ma'ruf Amin bersiap naik ke pesawat di Bandara Halim Perdana Kusuma, yang akan membawanya ke Jepang, Senin pagi. (Foto:RRI.Co)

Sehari setelah dilantik, Wapres Ma'ruf Amin Bertolak ke Jepang

Nasional 21 October 2019 11:07 WIB

Sehari setelah dilantik, Wakil Presiden Ma’ruf Amin berangkat ke Tokyo, Jepang, untuk mewakili Presiden Joko Widodo dalam menghadiri acara Penobatan Kaisar Jepang Naruhito, Senin.

Wapres yang mengenakan setelah jas warna abu-abu, bersama rombongan bertolak dari Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin, pukul 10.00 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ Indonesia 1.

Wapres Ma’ruf dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Narita Jepang pukul 19.30 waktu setempat dan langsung menuju ke Hotel Imperial Tokyo.

Agenda pelantikan Kaisar Jepang berlangsung pada Selasa besok pukul 13.00 waktu setempat. Usai pelantikan, Wapres Ma’ruf Amin dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada pukul 17.00 waktu setempat.

Kunjungan kerja ke Jepang merupakan agenda dinas luar negeri pertama Ma’ruf Amin sebagai wapres periode 2019-2024. Dalam kunjungan itu, Wapres Ma’ruf turut didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Setwapres Mohamad Oemar, Wury Ma’ruf Amin dan Gayatri Dewi Oemar.

Kaisar Naruhito melanjutkan takhta ayahnya, Akihito, yang memutuskan untuk melepas jabatannya karena faktor usia dan kesehatan.

Dalam konstitusi Jepang, kaisar tidak memiliki kekuatan politik dalam pemerintahan negeri sakura tersebut. Tugas resmi kaisar sebagian besar dikendalikan oleh Badan Rumah Tangga Kekaisaran. (an/ar)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Aug 2020 23:40 WIB

Optimalisasi Kebijakan Pemerintah sebagai Solusi Penataan Daerah

Nasional

Pemekaran DOB bukan satu-satunya solusi masalah pemerintahan daerah.

30 Jul 2020 07:18 WIB

Wapres: Idul Adha Momen Berbagi Kebaikan dan Solidaritas Sosial

Nasional

Mengambil nilai keteladanan Nabi Ibrahim AS

22 Jul 2020 12:14 WIB

Sambut HAN, Wapres: Pupuk Optimisme Anak di Tengah Pandemi Corona

Nasional

Wapres berpesan agar orang tua, pendidik, dan sekolah pupuk optimisme anak.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...