Pasien corona sembuh di Pasuruan dibolehkan pulang. (Foto: Dok Humas)
Pasien corona sembuh di Pasuruan dibolehkan pulang. (Foto: Dok Humas)

Sehari Penerapan PSBB, Pasuruan Laporkan Nol Kasus Baru Covid-19

Ngopibareng.id Ngopibareng Pasuruan 25 September 2020 22:39 WIB

Beberapa hari terakhir, jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Pasuruan terus menurun. Bahkan, untuk hari ini Jumat, 25 September 2020 tidak ada tambahan data baru warga yang terinfeksi virus corona.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, dalam empat hari terakhir, jumlah warga yang terpapar virus corona terus menurun. Bahkan jumlahnya pun tak sebanyak seperti minggu-minggu sebelumnya.

"Empat hari lalu ada 7 orang yang terpapar virus corona. Kemudian sehari setelahnya turun jadi 6 orang. Turun lagi jadi 4 orang, tiga orang dan hari ini tidak ada laporan warga Kabupaten Pasuruan yang terinfeksi virus corona," kata Anang, Jumat, 25 September 2020.

Lanjutnya, semakin menurunnya jumlah kasus Covid-19 tentu saja menjadi informasi yang sangat menggembirakan. Hal itu berarti tingkat kesadaran masyarakat dalam menegakkan protokol kesesehatan di tengah Pandemi Covid-19 semakin meningkat.

"Karena mungkin juga sudah 7 bulan kita bergelut dengan virus ini. Mudah-mudahan kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam melawan virus corona terus meningkat sampai betul-betul tidak ada kasus Covid-19 di Kabupaten Pasuruan," katanya.

Hingga kini, jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang telah terinfeksi virus corona menembus 1.375 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1134 orang sudah dinyatakan sembuh, 153 orang meninggal dunia, dan 88 orang masih dalam perawatan.

Kata Anang, untuk 88 orang yang masih perawatan tengah menjalani isolasi di SKB Pandaan, BLK Rejoso, Permata Biru Prigen, RSUD Bangil, RSUD Grati dan rumah sakit lainnya di Jawa Timur serta memilih menjalani isolasi mandiri.

"Kebetulan hari ini ada 3 warga Bangil, Purwodadi dan Gempol yang sudah dinyatakan sembuh. Mereka dirawat di RS yang berbeda. Ada yang di Porong, Sidoarjo dan Bondowoso," katanya.

Meski terus menurun, Anang meminta seluruh warga untuk tetap waspada terhadap bahaya penyebaran virus corona. Yakni dengan selalu menerapkan 5M sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Jangan lupa selalu melaksanakan 5M. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak aman, menjaga imun tubuh serta memperbanyak berdoa kepada Allah SWT. Insya Allah kita semua akan terhindar dari Virus corona," kata pria yang menjabat sebagai Sekda Kabupaten Pasuruan.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Oct 2020 15:20 WIB

Polisi Minta Aksi Unjuk Rasa Terapkan 3M dan Tidak Anarki

Rek, Ojok Angel Tuturane

Polisi meminta pengunjuk rasa taati prokes.

24 Oct 2020 15:00 WIB

Direktur Baru, RSMU Rencana Kembangkan Sayap di Kota Lain

RS Mata Undaan

Harapan Baru RSMU dengan kepimpinana Direktur Baru

24 Oct 2020 14:40 WIB

Keluarga Menduga Penangkapan Gus Nur Ada Muatan Politis

Jawa Timur

Keluarga tidak terkejut dengan penangkapan Gus Nur.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...