Es permen karet Ampel, Surabaya, yang viral. (Foto: Dok. Asli Suroboyo)
Es permen karet Ampel, Surabaya, yang viral. (Foto: Dok. Asli Suroboyo)

Segarnya Es Permen Karet Ampel untuk Berbuka

Ngopibareng.id Nguliner Yuk 01 May 2020 16:12 WIB

Di Surabaya ada satu minuman terkenal yang diburu para pembeli, khususnya saat bulan Ramadhan. Minuman tersebut adalah Es Permen Karet Ampel. Penjualnya ada di depan gang Ampel Kembang.

Dinamai Es Permen Karet lantaran warna merah jambunya menyerupai permen karet (bubble gum). Harga es ini murah meriah. Pembeli cukup merogoh kocek Rp 4.000 untuk satu bungkusnya. Es dimasukkan ke dalam kantong plastik putih lalu diikat rapat.

Es Permen Karet terbuat dari susu kental manis dan sirup cocopandan. Untuk menambah kesegaran ditambahkan beberapa balok es batu. Uniknya, si penjual es menaruh minuman segar ini di dalam termos dan ember besar yang berisi banyak es batu.

Es Permen Karet Ampel ini viral di Instagram karena mendatangkan banyak pembeli. Melansir akun Instagram @aslisuroboyo, pedagang es kewalahan melayani pembeli. Meski harus antre berjubel, para pembeli dan driver ojek online (ojol) tak patah semangat.

Terlebih di saat pendemi corona, para pembeli seolah lupa dengan imbauan pemerintah untuk menjaga jarak sejauh 1-2 meter, atau physical distancing. Meski demikian, ada beberapa pembeli yang tampak mengenakan masker.

Bagi penggemar Es Permen Karet Ampel yang ingin melepaskan dahaga setelah 12 jam berpuasa, tak perlu menunggu bedug maghrib untuk membelinya. Penjualan es ini sudah buka warungnya pukul 15.00-17.30 WIB. Para pembeli juga bisa mendapatkan es yang sama dari penjual di kawasan Simolawang.

Penulis : M. Rizqi

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Jan 2021 03:33 WIB

Tuhan Menjami Rezekimu, Janganlah Ragu

Islam Sehari-hari

Disampaikan KH Husein Muhammad

20 Jan 2021 02:16 WIB

Islam dalam Cita dan Fakta, Begini Indahnya

Khazanah

Cita Islam merujuk pada Al-Quran dan Sunnah Nabi

20 Jan 2021 01:00 WIB

Mini Album Baru Solo Yunho TVXQ

ngopiK-pop

Yunho TVXQ merilis single Thank U dari mini album berjudul NOIR.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...