Sebar Hoaks? Ini Ancaman Serius bagi Pengguna dari WhatsApp

Hukum 13 June 2019 02:34 WIB

Konten negatif serta perilaku tidak autentik di WhatsApp telah membuat platform milik Facebook ini kerap dicap jadi aplikasi penyebar hoaks. Untuk itu, WhatsApp mengancam para penggunanya yang melanggar aturan dengan tindakan hukum.

"WhatsApp akan mengambil langkah hukum terhadap orang-orang yang kami nilai terlibat dalam tindakan yang melanggar. Bahkan, jika penentuan hal tersebut didasarkan pada informasi di luar platform kami," kata WhatsApp lewat FAQ yang diunggah, dikutip ngopibareng.id, Rabu 12 Juni 2019, dari Russia Today (RT).

Dengan peringatan ini, pengguna yang tertangkap tak patuh aturan--menurut klasifikasi dari machine learning--bisa terkena akibatnya.

WhatsApp menilai, pengiriman pesan secara otomatis dan spam termasuk dalam perilaku yang melanggar.

Demikian juga dengan pengguna yang menambahkan orang yang tidak ada di daftar kontak mereka ke dalam sebuah obrolan grup. Termasuk juga pengiriman pesan pada pengguna lain yang tidak dikenal.

WhatsApp tidak gamblang menjelaskan bagaimana proses crawling yang mereka lakukan untuk menemukan bukti pelanggaran Ketentuan Layanan.

Namun, dengan tools pengawasan milik Facebook, semuanya mungkin dilakukan.

WhatsApp sendiri menyebutkan, perusahaan telah menghapus lebih dari 2 juta akun setiap bulannya. Bahkan, 75 persen di antaranya dihapus tanpa ada keluhan pengguna. (adi)

"WhatsApp akan mengambil langkah hukum terhadap orang-orang yang kami nilai terlibat dalam tindakan yang melanggar. Bahkan, jika penentuan hal tersebut didasarkan pada informasi di luar platform kami," kata WhatsApp lewat FAQ

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Jul 2020 11:44 WIB

Waspadai Ancaman Baru; Flu Babi!

Internasional

Ilmuwan China publikasikan temuan baru temuan virus swine fluĀ G4 EA H1N1.

28 Jun 2020 04:22 WIB

Benarkah Ada Frustasi di Antara Laku Keberagamaan Kita?

Islam Sehari-hari

Kritik terhadap merebaknya ustadz dadakan, penceramah garang

27 Jun 2020 09:50 WIB

Hoaks! Nasabah BCA Tak Bisa Cairkan Dana Deposito

Ekonomi dan Bisnis

Video nasabah tak bisa carikann dana, Presdir BCA siap tempuh jalur hukum.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...