Bundaran Tugu Universitas Brawijaya (foto: istimewa)

6.012 Mahasiswa Diterima di UB Lewat Jalur SBMPTN

Pojok Unibraw 14 August 2020 21:39 WIB

Sebanyak 6.012 mahasiswa baru dinyatakan lulus melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Brawijaya (UB), Malang, Jawa Timur. Sejumlah mahasiswa tersebut telah melewati Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan oleh UB mulai 5 Juli 2020 hingga 30 Juli 2020.

Calon mahasiswa baru yang mendaftar di UB melalui jalur SBMPTN sebanyak 61.742 orang. Jumlah tersebut naik dibanding tahun 2019, sebanyak 55.871.

"Peminat SBMPTN yang memilih UB mengalami peningkatan sebesar 9,5 persen peminat pada tahun ini," ujar Rektor UB, Nuhfil Hanani pada Jumat 14 Agustus 2020.

Dalam penerimaan mahasiswa baru ini, UB menyediakan sebanyak 77 program studi, termasuk program studi Kehutanan dan Aktuaria, yang baru dibuka.

Nuhfil mengatakan para mahasiswa baru yang lulus melalui jalur SBMPTN ini adalah mereka yang nilainya telah memenuhi syarat. "Perlu diketahui bahwa UB termasuk kampus favorit, banyak pendaftar yang memilih UB dan SBMPTN yang menggunakan nilai UTBK ini lulus karena nilainya yang memenuhi syarat," katanya.

Nuhfil berharap bagi mahasiswa baru yang telah diterima di UB, agar nantinya mampu berkarya baik di dalam kampus maupun di tengah-tengah masyarakat. “Saya mengucapkan selamat kepada mahasiswa yang diterima melalui SBMPTN, dan yang tidak lulus  di jalur SBMPTN, jangan patah semangat dan putus asa, karena UB masih ada jalur seleksi mandiri, yang pendaftarannya sudah dimulai tanggal 3 Agustus 2020," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, pada tahun ini UB menerima mahasiswa baru dengan kuota sebanyak 14.310 orang, jumlah tersebut turun 9 persen dari kuota maba tahun 2019 lalu sebanyak 14.590 orang.

Dari total kuota tersebut UB menerima mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sebesar 30 persen. Lalu dari jalur Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebesar 40 persen dan dari jalur Mandiri sebesar 30 persen.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Sep 2020 09:53 WIB

Specialized 'Bocorkan' Frame Ringan Terbaru

Gowes Bareng

Memang, bila dilihat bentuknya, frame itu tidak terlalu istimewa.

19 Sep 2020 09:48 WIB

Pertimbangkan Daerah Tunda Pilkada, Ini Solusi Terbaik

As’ad Said Ali

Berpotensi penyebaran Corona di arus bawah (grassroot)

19 Sep 2020 09:39 WIB

Ketua Komisi X DPR: Bantuan Pulsa PJJ Realisasikan Secepatnya!

Nasional

Sebab sampai sekarang bantuan kuota internet dari Kemendikbud belum turun

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...