Sebagian Fans Twice Kecewa dengan 'Likey' Versi Jepang

12 Jan 2019 22:26 Musik

Twice, girlgrup yang berangotakan Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung dan Tzuyu, memberi kejutan kepada para fansnya dengan mengunggah video musik lagu Likey versi Jepang.

Hal ini dilakukan untuk kepentingan promo album Jepang milik Twice yang kedua. Likey merupakan lagu Twice dalam bahasa Korea, yang telah dirilis pada 30 Oktober 2017. Video musiknya telah ditonton lebih dari 340 juta kali.

Melansir Koreaboo, para Once (fans Twice) menilai tak ada bedanya antara video musik  Likey versi Korea dengan Jepang, kecuali lirik lagu dan gerak mulut (mengikuti perbedaan bahasa).

Fans menduga bahwa sebenarnya pihak agensi sejak awal telah membuat video musik Likey dalam 2 versi. Namun mereka menyayangkan mengapa harus dalam rentan waktu satu tahun lebih untuk mengungah video versi Jepang.

"Apakah Twice memfilmkan ini bersamaan dengan versi Korea? Twice direncanakan sejauh ini mereka tahu mereka akan membutuhkan versi Jepang pada akhirnya. Wow! Ratu."

"Jadi mereka hanya memutuskan untuk merilisnya sekarang??? 2 tahun kemudian?!"

"Aku tidak percaya kalian menyimpan ini selama lebih dari setahun."

Meskipun demikian dalam video musik yang diunggah di channel Youtube Twice khusus Jepang lebih banyak menampilkan komentar positif. Berbagai pujian pun datang dari para Once yang merasa senang dengan Likey versi Jepang.

Disamping video musik yang sama dan disembunyikan lebih dari 1 tahun, ada beberapa orang yang menganggap bahwa versi Jepang tak terlalu enak didengar jika dibandingkan versi Korea. Bahkan beberapa berpendapat bahwa lirik terjemahan dan pengucapan bahasa Jepang terdengar aneh dan tidak natural.

"Saya orang Jepang dan saya sangat sukaTwice. Saya sangat senang mereka merilis versi Jepang, tetapi dengan melihat sebagian komentar, kebanyakan dari kita lebih suka versi Korea, karena versi Jepang terdengar tidak wajar ”

"Menjadi penggemar J-Pop, pengucapan mereka memang terdengar aneh, tapi aku benar-benar menyukai bagian Mina di sini lebih daripada yang lain."

"Setiap kali lagu diterjemahkan seperti ini, rasanya sangat tidak wajar setelah mendengarkan aslinya berkali-kali"

Bagaiamana menurut kalian Once? Apa kalian telah menonton Likey versi Jepang? (len)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini