Aktor Sean Connery semasa muda saat memerankan karakter James Bond, agen mata-mata Inggris 007, James Bond. (Foto: MGM)
Aktor Sean Connery semasa muda saat memerankan karakter James Bond, agen mata-mata Inggris 007, James Bond. (Foto: MGM)

Sean Connery Meninggal, dari James Bond hingga Gelar Kerajaan

Ngopibareng.id Film 01 November 2020 05:20 WIB

Aktor James Bond, Sean Connery meninggal dunia di Nassau, Bahama, pada usia 90 tahun. Kabar duka itu disampaikan pihak keluarga kepada BBC, pada 31 Oktober 2020. Jason Connery, putra sang aktor dalam keterangannya mengatakan, Sean Connery meninggal dengan damai dalam tidurnya.

Menurut Jason Connery, kesehatan ayahnya menurun beberapa waktu terakhir. Keluarga berkumpul di Bahama dan menemani di saat-saat akhir hidupnya.

"Kami masih berusaha menerima duka ini, meski tahu dia sakit cukup lama. Ini adalah hari menyedihkan bagi semua orang yang mengenal dan mencintai ayahku. Ini juga kehilangan bagi semua orang di seluruh dunia yang mencintai karyanya," terang dia.

Penulis skenario dan Produser film aksi James Bond, Michael G Wilson sangat terpukul dengan kepergian aktor kawakan Sean Connery. Barbara Broccoli yang juga produser film James Bond turut menyatakan hal serupa dengan Wilson.

Mereka menilai masyarakat pastinya akan mengenal Sean Connery sebagai James Bond original yang tak tergantikan. "Kami akan selamanya berterima kasih padanya," ujar Wilson dan Broccoli dikuti dari akun Instagram James Bond Official.

Aktor berdarah Skotlandia itu dikenal lewat perannya dalam film James Bond, tokoh mata-mata atau agen rahasia Inggris 007 karya Ian Flaming. Pria kelahiran 25 Agustus 1930 ini adalah orang pertama yang memerankan karakter agen 007 dan melakoninya sepanjang tujuh seri.

Sean Connery pernah memenangkan piala Oscar 1988 untuk perannya dalam film The Untouchables. Selain James Bond, dia juga berperan dalam sederet film populer lainnya, seperti Indiana Jones, The Last Crusade and The Rock, serta The Hunt for Red October.

Sean Connery pernah dianugerahi gelar kebangsawanan pada 2000, setelah dua tahun mendapat penolakan sebagai ksatria karena pandangan politiknya. Sean Connery kala itu datang bersama istri, Micheline dan saudara laki-lakinya di Edinburgh's Holyrood Palace.

"Ini salah satu hari paling membanggakan dalam hidup saya. Ini sangat berarti karena terjadi di Skotlandia," kata Sean Connery yang kala itu berusia 69 tahun.

Sean Connery terlihat berseri-seri, memamerkan medali emas di sabuk merah cerahnya. Itu merupakan gelar yang sudah lama ditunggu oleh Sean Connery. Pada 1998, Partai Buruh yang berkuasa telah memblokir rencana untuk memberinya gelar ksatria. Sean Connery merupakan pendukung dari Partai Nasional Skotlandia.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 09:59 WIB

BTS di Puncak 3 Tangga Lagu Billboard

ngopiK-pop

Lagu Life Goes On dan Dynamite mengusai 3 tangga lagu di Amerika.

01 Dec 2020 09:42 WIB

Covid-19 di Kediri Tinggi Walikota Minta Warga Tak Nongkrong

Rek, Ojok Angel Tuturane

Efek libur panjang beberapa waktu lalu.

01 Dec 2020 09:34 WIB

10 Rekomendasi KPAI Jelang Sekolah Tatap Muka

Pendidikan

Sekolah tatap muka direncanakan berlangsung pada Januari 2021.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...