SD Al Falah Melaksanakan Salat Gaib untuk Mendiang Habibie

12 Sep 2019 10:50 Pendidikan

Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia, Rabu 11 September 2019 pukul 18.03 WIB. Seluruh masyarakat Indonesia merasakan duka mendalam akan kepergiannya. Laman media sosial pun dipenuhi ucapan belasungkawa untuk suami Hasri Ainun Habibie ini.

Tak hanya ucapan belasungkawa, salat gaib dan doa bersama juga dipanjatkan para pelajar. Seperti yang terlihat Kamis pagi, para pelajar Sekolah Dasar (SD) Al Falah Surabaya, melaksanakan salat gaib berjamaah.

Di bawah sinar matahari pagi, sebanyak 750 siswa merapikan shaf salat gaib di halaman sekolah.

Para siswa tersebut telihat khusyuk saat menjalankan salat gaib dengan mengikuti arahan gurunya.

Rupanya, para siswa baru mengetahui pelaksanaan salat gaib saat tiba di sekolah. "Baru tahu pagi ini kalau ada salat gaib untuk Pak Habibie, mantan Presiden ketiga Republik Indonesia," kata Keandre Galih, murid kelas 6 SD Al Falah.

Meski para pelajar tidak lahir ketika Habibie memimpin bangsa Indonesia, namun para pelajar di tempatnya tersebut telah mengenal Habibie melalui berbagai bacaan dan cerita gurunya. "Pak Habibie merupakan mantan Presiden RI," sambung Galih.

Suasana doa untuk mendiang B J Habibie Foto Pitangopibarengid
Suasana do'a untuk mendiang B. J. Habibie (Foto: Pita/ngopibareng.id)

Galih pun mengungkapkan rasa dukanya atas kepergian sang presiden. "Selamat jalan Pak Habibie, semoga diterima sisi Allah SWT," ucapnya.

Di tempat yang sama, Syamsul Huda selaku Kepala SD Al Falah mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan dari keluarga besar Al Falah kepada Habibie. Terutama prestasi Habibie pada pengembangan ilmu dan teknologi yang ada di Indonesia.

"Kami masyarakat Indonesia dan generasi penerus bangsa, merasa sangat beduka atas kepulangan beliau ke Rahmatullah. Semoga amal beliau diterima oleh Allah dan apa yang ditinggalkan bermanfaat. Semoga anak-anak dapat mencontoh hal-hal positif dari beliau," pungkas Syamsul.

Penulis : Pita Sari
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini