SBY Lebaran Pakai Batik Terakhir Pilihan Ani Yudhoyono

05 Jun 2019 17:34 Serba-Serbi

Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ziarah ke makam Ani Yudhoyono, usai menunaikan ibadah salat Idul Fitri, pagi tadi. SBY beserta keluarga membacakan surat Yasin. Sesekali SBY menarik nafas dalam dalam. Usai menabur bunga mawar merah dan melati putih. Kemudian ia menyiram air ke makam Ani.

"We love you Memo. Rest In Peace," kata SBY sembari menahan tangis.

SBY ziarah ditemani kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibar) beserta istri dan anak-anaknya masing-masing.

Mereka tampak mengenakan kain batik dominasi warnah hitam dan coklat gelap motif burung phoenix. Kain tersebut pilihan Ani Yudhoyono sebelum wafat saat menjalani perawatan medis di National University Hospital (NUH), Singapura, Sabtu 1 Juni 2019.

SBY mengaku tak menyangka baju batik seragam Lebaran yang ia kenakan bersama keluarganya merupakan isyarat dari istrinya sebelum tutup usia.

"Saat di rumah sakit, biasanya batik yang dipilih itu warnanya terang. Tetapi saya tidak mengerti barangkali tidak kuasa menangkap isyarat yang ada di balik pilihan batik yang kami gunakan sekarang ini," kenang SBY saat ziarah ke makam Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu 5 Juni 2019.

SBY mengisahkan, mendiang istrinya memilih baju batik berwarna hitam sawungguling motif burung phoenix. Konon, tutur SBY, pengertian baju batik tersebut mengibaratkan sebuah burung yang terbang ke surga.

"Saya baru tahu memahami apa makna dari pilihan ini. Pesannya adalah nanti kita Lebaran di rumah sakit, mari kita pakai batik itu di rumah sakit, saya juga akan memakainya," papar SBY meniru perkataan yang diugkapkan Ibu Ani. "Kemudian saya tanya memo, kan masih dirawat, jadi tidak perlu menggunakan batik, biar kami saja menggunakannya untuk foto bersama," sambungnya.

Kini, baju batik yang seharusnya dikenakan Ani Yudhoyono dipakai oleh putri dari Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan dijadikan kain penutup peti.

"Jenazah Ibu Ani lah yang ditutup kain batik yang ia pilih. Jadi ternyata yang dimaksudkan oleh Ibu Ani adalah batik tersebut digunakan saat dirinya wafat," kenangnya sembari menahan air mata. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini