Susilo Bambang Yudhoyono. (Dok.Antara)
Susilo Bambang Yudhoyono. (Dok.Antara)

Saya Ingin Tulis Kisah Ibu Ani, kata Pak SBY

Ngopibareng.id Tokoh 02 June 2019 12:52 WIB

Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono berencana akan menuangkan kisah hidup mendiang sang istri yang juga Ibu Negara Republik Indonesia periode 2004-2014 Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono ke dalam sebuah buku.

"Saya ingin menulisnya, menulis kisah Ibu Ani,  insya Allah untuk menjadi pengetahuan dari saudara-saudara kami," ujar SBY dalam sambutannya dalam acara penghormatan terakhir terhadap mendiang istrinya di Pendopo Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Minggu.

SBY memandang sosok Ani sebagai perempuan yang luar biasa. Di matanya, Ani merupakan sosok mulia, di tengah kekurangan maupun kelebihan yang dimilikinya.

"Ada seorang manusia biasa yang terlahir dengan nama Kristiani Herawati, kemudian menjadi Ani Yudhoyono, yang berpikiran mulia, dengan segala kekurangan dan kelebihannya, berbuat baik, berbaik sangka dengan yang lain," tutur dia.

SBY juga menggambarkan sosok Ani sebagai figur yang menginspirasi. Dia mengatakan bahwa sang istri sangat mencintai seluruh masyarakat Indonesia, tidak perduli latar belakang maupun agama yang dianut.

SBY menyebut Ani sebagai sosok wanita yang menjunjung tinggi persatuan, kerukunan dan persaudaraan antar umat beragama.

Meskipun demikian, kata SBY, dalam perjalanan hidupnya Ani masih kerap mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari sesama anak bangsa.

"Meskipun Ibu Ani sering juga dibully, di fitnah, tapi Ibu Ani tetap sabar karena kami saling memperkuat hati kami masing-masing," kata SBY.

SBY juga menilai Ani sebagai sosok yang tangguh dan tidak kenal menyerah. Hal tersebut terlihat saat dia berjuang melawan penyakit kanker darah yang dia derita selama empat bulan terakhir.

Sebelumnya, Istri Presiden ke-6 RI, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono meninggal dunia dalam perawatan di National University Hospital pada Sabtu kemarin.

Ani Yudhoyono meninggal saat menjalani perawatan sakit kanker darah di NUH, Singapura.

Hari ini jenazah Ani Yudhoyono akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. (an/ar)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Nov 2020 11:14 WIB

Sean Connery Nyaris Jadi Pemain Manchester United

Selebriti

Sean Connery memilih jadi aktor ketika mendapat tawaran dari MU.

01 Nov 2020 08:15 WIB

SBY, Mengapa Harus Wayang? Ini Anekdot tentang Kekuasaan

Humor Sufi

Kisah pengalaman khas Fachry Ali

31 Oct 2020 12:22 WIB

Akhirnya Siti Fadillah Supari Hirup Udara Bebas

Nasional

Kisah hidup mantan Menteri Kesehatan di era Presiden SBY

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...