Situasi savana bromo terbakar. (Foto: Istimewa)

Savana Terbakar, Jalur Bromo Ditutup

Jawa Timur 02 September 2018 22:46 WIB

Wisata Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter dari permukaan laut (mdpl) yang lewat jalur Malang ditutup sementara sejak Sabtu. 1 September, hingga Minggu 2 September 2018, akibat kebakaran yang melanda hutan dan padang sabana di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

"Untuk sementara jalur Gunung Bromo lewat Malang dialihkan ke Pasuruan, sehingga wisatawan tetap bisa berkunjung ke Bromo lewat Pasuruan dan Probolinggo," kata Kepala Seksi Pengelolaan Wisata Wilayah 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Sarmin saat dihubungi dari Probolinggo, Minggu, 2 September 2018.

Tiga jalur yang dilalui untuk menuju Gunung Bromo yakni di Kabupaten Probolinggo melalui Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura. kemudian dari arah Pasuruan bisa melalui Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, dan kini yang ditutup sementara dari arah Lumajang dan Malang melalui Blok Jemplang.

"Untuk pintu masuk di Probolinggo dan Pasuruan masih aman untuk wisatawan, sehingga Gunung Bromo masih tetap dibuka untuk masyarakat umum," katanya.

Ia berharap hutan dan padang savana bisa dipadamkan pada Minggu sore, sehingga jalur wisata Gunung Bromo melalui Blok Jemplang Malang bisa kembali dibuka dan melayani wisatawan dari arah Malang.

"Mudah-mudahan besok bisa kembali normal jalur wisata Gunung Bromo lewat Malang," tuturnya.

Hutan dan padang savana di Gunung Bromo yang merupakan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terbakar sejak Sabtu siang dan hingga Minggu sore api belum berhasil dipadamkan seluruhnya.

Sebanyak 320 personel gabungan diturunkan untuk melakukan pemadaman kebakaran hutan dan savana Gunung Bromo dari petugas TNBTS, Polri, TNI, BPBD, Perhutani, dan jasa wisata yang berada di sekitar lokasi kebakaran.

Pihak TNBTS masih belum mengetahui penyebab kebakaran hutan yang bermula dari titik api di busung pentungan di kawasan blok Watu Gede Jemplang yang masuk di wilayah Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang tersebut.(frd/ant)

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Sep 2020 16:55 WIB

30 Persen Warga Malang Belanja Barang Pasar lewat Online

Jawa Timur

Disediakan website untuk menyambungkan penjual di pasar.

29 Sep 2020 21:15 WIB

Pemulihan Ekonomi 2021, Pemkot Malang Kaji Pembangunan LRT

Jawa Timur

Panjang trase capai 35 kilometer.

29 Sep 2020 17:35 WIB

Covid, Pendapatan Pedagang di Pasar Kota Malang Turun 50 Persen

Jawa Timur

Pembeli di Pasar Besar menurun.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...